-->

Ads (728x90)

Pasca Lebaran Idul Fitri 1445 H, Harga Sembako di Pasar Pagi Jodoh Batam Masih Tinggi Lapak pedagang
Lapak pedagang sayur mayur di Pasar Pagi Jodoh Batam, Sabtu (13/4/2024) (M Ikhsan /Realitamedia.com)

By M Ikhsan


BATAM, Realitamedia.com
– Pada H+3 lebaran Idul Fitri 1445 H, harga sembilan bahan pokok di Pasar Pagi Jodoh Batam masih tinggi seperti cabai merah dan cabai rawit.

Tingginya permintaan terhadap cabai merah dan sedikitnya stok cabai merah pasca Lebaran 2024 membuat harga cabai merah mengalami kenaikan.

Dari pantauan Realitamedia.com pada Sabtu (13/4/2024) di Pasar Pagi Jodoh Batam, harga cabai merah mengalami kenaikan yang signifikan, dari Rp 40 ribu naik menjadi Rp 60 ribu perkilogram. Sedangkan harga cabai rawit semula dijual dengan harga Rp 60 ribu naik menjadi Rp 87 ribu perkilogram.

Tidak hanya cabai merah, harga bawang putih juga naik semula harganya Rp 25 ribu saat ini harganya Rp 40 ribu perkilogram.

Bawang merah juga mengalami kenaikan saat ini dijual dengan harga Rp 45 ribu, padahal sebelumnya dijual dengan harganya Rp 32 ribu perkilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Pagi Jodoh Udin saat ditemui di lapak jualannya, Sabtu (13/4/2024) mengatakan harga cabai merah belum turun pasca lebaran Idul Fitri 1445 H, hal ini disebabkan lantaran tingginya permintaan terhadap cabai merah. Selain itu banyak distributor yang masih libur membuat pasokan cabai merah menipis.
 
“ Setiap mau lebaran harga sembako selalu naik bang, sebelum bulan puasa harga cabai merah juga tidak stabil kadang naik kadang turun jadi kita menyesuaikan saja bang,” katanya.

Harga daging sapi gelondongan, katanya, juga naik biasanya dijual dengan harga Rp 80 ribu saat ini harganya Rp 95 ribu perkilogram. Daging ayam ras juga naik biasanya dijual dengan harga 32 ribu kini harganya Rp 40 ribu perkilogram. Harga telur ayam ras juga naik dari Rp 50 ribu menjadi Rp 58 ribu perpapan.

Di tempat yang sama salah seorang ibu rumah tangga, Manda mengatakan harga sembako naik pasca lebaran adalah hal yang biasa mengingat saat ini masih moment lebaran dan tidak banyak pedagang yang buka. 

Menurutnya naiknya harga sembako pasca Lebaran 2024 tidak membuat pembeli terkejut mengingat disaat bulan puasa harga cabai merah sempat tembus dengan harga Rp 100 ribu perkilogram.

"Harga cabai merah naik, tapi cabainya juga segar dan bagus kok, ya semoga saja ngak tambah naik setidaknya bertahanlah. Harga cabai sering tidak stabil tapi tetap harus dibelikan karena kebutuhan," kata Yati saat ditemui di Pasar Pagi Jodoh Batam.

Yati bersama masyarakat lainnya berharap harga cabai merah dan sembako lainnya dapat stabil dengan harga yang sesuai dengan ekonomi masyarakat saat ini. (M. Ikhsan)


Editor : Patar

Posting Komentar