-->

Ads (728x90)

 

Tiga Ekor Anak Buaya dan Sarangnya Ditemukan Polisi dan BKSDA di Sungai Sei Langkai Batam
Tim gabungan saat menelusuri aliran sungai di Kelurahan Sei Pelunggut hingga di sungai Muka Kuning Pratama, Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, Kamis (18/4/2024) (Ist/Parulian)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com – Tiga ekor buaya jenis buaya rawa ( Crocodylus Porosus) bersama sarangnya ditemukan di aliran sungai Muka Kuning Pratama, Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, Batam pada Kamis (18/4/2024) malam sekira pukul 21.00 WIB.

Ketiga ekor anak buaya itu, ditemukan oleh Tim Gabungan dari Polsek Sagulung, TNI dan Brimob Polda Kepri serta pihak Kecamatan Sagulung dan Resort Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Mukakuning, Rempang saat menyisir aliran sungai di Kelurahan Sei Pelunggut hingga di sungai Muka Kuning Pratama, Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung.

“ Penyisiran aliran sungai ini dilakukan tim gabungan berdasarkan hasil rapat yang dilakukan pada Rabu, 17 April 2024 kemarin,” kata Kepala Resort BKSDA Mukakuning Rempang, Yon Romby Sihotang.

Ketika tim gabungan menelusuri area rawa ini, katanya, ditemukan sebuah sarang buaya dan setelah diperiksa ternyata ada 3 ekor anaknya.

Yon membenarkan bahwa ketiga buaya itu merupakan jenis buaya rawa (Crocodylus Porosus).

“ Buaya jenis Crocodylus Porosus merupakan jenis buaya terbesar di dunia,” katanya.

Ia menyebut bahwa tim gabungan akan mencari induk buaya tersebut pada Jumat  (19/4/2024) malam, dengan mempersiapkan rencana yang matang, karena  akan menghadapi induk buaya yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 4 meter sampai 5 meter.

“ Di rawa itu, pasti ada induknya, diperkirakan panjangnya sekitar 4 meter sampai 5 meter. Oleh karena itu, kita harus melakukan persiapan matang untuk proses evakuasi. Rencananya akan kita lakukan malam besok," katanya. (ian)

Editor : Patar

Posting Komentar