-->

Ads (728x90)

 

Kepala BPOM Batam Himbau Masyarakat Mengurangi Penggunaan Antibiotik
Kepala  BPOM Batam, Lintang Purba Jaya (Fhoto : Parulian/Realitamedia.com)


By Parulian 


BATAM, Realitamedia.com
- Kepala  Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Batam, Lintang Purba Jaya mengimbau masyarakat lebih bijak lagi dalam penggunaan antibiotik dalam kesehariannya karena tidak semua  penyakit sembuh dengan antibiotic.

Hal ini disampaikannya saat kegiatan komunikasi informasi dan edukasi, khususnya terkait antibiotik dan juga obat obat ilegal dan berbahaya yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPOM ke 22 pada Sabtu (28/1/2023) di halaman kantor BPOM Batam di Nongsa, Kota Batam.

Lintang menyebutkan penggunaan antibiotik yang tidak terkendali tanpa penggunaan resep dokter akibatnya penyakit yang seharusnya sembuh justru tidak akan sembuh.

“ Karena seluruh organisasi profesi kesehatan diminta tidak sembarangan memberikan antibiotic, selain itu apotik juga dilarang menjual antibiotik tanpa resep,” katanya.

Menurutnya antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, jika penggunaannya tidak tepat, beragam efek samping antibiotik bisa timbul. Mulai dari efek samping yang ringan hingga yang berbahaya dan berdampak besar seperti membuat bakteri menjadi kebal terhadap obat dan juga gangguan jantung. (ian)


Editor : Herry

Posting Komentar