-->

Ads (728x90)

Buka Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur, Ini Harapan Wabup Natuna
Wabup Natuna Rodhial Hudamenyampaikan smabutannya saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Bunguran Timur di Hotel Trend Central, Jalan Pramuka, Ranai pada Senin (30/1/2023) (Fhoto : Rusdi Handika/Realitamedia.com)


By Rusdi Handika

NATUNA, Realitamedia.com – Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  tingkat Kecamatan Bunguran Timur yang digelar di Hotel Trend Central, Jalan Pramuka, Ranai pada Senin (30/1/2023).
 
Musrenbang ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah, Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan dan para undangan.

Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur tahun 2023 mengusung thema "Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Panguatan Tata Kelola Pemerintahan di Dukung oleh Akselerasi Kualitas Sumberdaya Manusia" .

“ Sebelum melaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan, kecamatan telah melaksanakan Musrenbang tingkat kelurahan dan desa,” kata Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan dalam laporannya.
Dikatakannya, Musrenbang Kecamatan Bunguran Timur hari ini merupakan aspirasi yang telah di himpun melalui musrenbang kelurahan dan desa-desa.

"Jadi usulan pembangunan yang akan disampaikan pada hari ini adalah program yang menjadi kebutuhan masyarakat dan memiliki urgensi yang jelas," jelas Hamid Asnan.

Untuk itu, beliau berharap melalui Musrenbang ini dapat menjadi wadah untuk merencanakan sekala prioritas pembangunan sekaligus mewujudkan pemerataan pembangunan hingga ke desa-desa.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda usai mengikuti Musrenbang tersebut kepada wartawan mengatakan Musrenbang adalah bagian dari tahapan pembangunan daerah.

"Musrenbang merupakan implementasi dari pembangunan Nasional terkait tata cara perencanaan, pengendalian dan pelaksanaan pembangunan daerah. Dimana tahun 2024 fokus pembangunan Kabupaten Natuna berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarkat," jelasnya.

Menurutnya menjadi sangat penting untuk mengoptimalkan sumber daya unggulan daerah, peningkatkan tatakelola pemerintah yang bersih, transparan akuntabilitas  dan berkualitas  serta melayani masyarakat pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Dikatakannya, terkait isu-isu strategis dan juga penurunan  kemiskinan ekstrim yang ditargetkan pemerintah pusat 0% pada tahun 2024 dan untuk diketahui bahwa kemiskinan ekstrem Kabupaten Natuna tahun 2022 adalah sebesar 2,65%.

“ Demikian halnya dengan stunting juga menjadi program priotas nasional yang harus di tekan menjadi 14% pada tahun 2024 dan angka prevalensi stunting Kabupaten Natuna tahun 2022 adalah sebesar 18%,” katanya.

Ia menyebut untuk mempercepat pencapaian tujuan pembangunan tersebut Pemerintah Kabupaten Natuna akan focus pada pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan utilitas lainya yang berkualitas serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul melalui peningkatan akses dan pelayanan pendidikan dan kesehatan termasuk peningkatan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Natuna yang saat ini berada pada angka 8,96 tahun atau SMP kelas 3.

Beliau berharap melalui Musrenbang ini, kesepakatan usulan perencanaan yang dihasilkan untuk tahun 2024 merupakan usulan prioritas perencanaan yang memang merupakan kebutuhan masyarakat, dan kepada Perangkat Daerah hendaknya dapat mengambil kebijakan yang tepat dalam mengakomodir aspirasi masyarakat sesuai dengan arahan pembangunan Kabupaten Natuna yang telah ditetapkan. (Rus)


Editor : Herry

Posting Komentar