-->

Ads (728x90)

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Kawasan Pesisir di Tanjungpinang Dilanda Banjir Rob
Kawasan pemukiman di pesisir Kota Tanjungpinang digenangi banjir rob, Rabu (25/1/2023) (Fhoto : Irwindi/Realitamedia.com)
By Irwindi

TANJUNGPINANG, Realitamedia.com
– Akibat air laut pasang disertai  hujan deras beberapa hari ini, banjir rob melanda sejumlah kawasan di pesisir Kota Tanjungpinang, Rabu (25/1/2023).

Kawasan di pesisir Kota Tanjungpinang yang terendam banjir rob diantaranya Kampung Bugis, Pulau Penyengat, Lembah Purnama, Kota Lama, Teluk Keriting, Tanjung Unggat, pantai Impian dan Kawasan Sei Jang.

Salah seorang warga Tanjungpinang, Agus mengatakan selain menggenangi jalan sejumlah rumah warga turut terendam banjir.  Ia mengatakan banjir rob yang terjadi sejak pagi diperparah dengan datangnya hujan sejak pagi hingga siang hari.

“ Hingga sore kondisi pasang air laut mulai surut, namun diprediksi air laut akan kembali pasang dalam beberapa hari ini,” katanya.

Kepala BPBD Kepri Muhammad Hasbi kepada wartawan mengatakan fenomena banjir rob terjadi setiap tahun, namun tidak selalu berdampak besar.

" Banjir ini disebabkan tingginya curah hujan yang datang dalam beberapa hari terakhir bersamaan naiknya air pasang tinggi," katanya.

Ia mengatakan pihaknya telah memberikan himbauan kepada masyarakat melalui BPBD kabupaten/kota untuk mengantisipasi banjir rob salah satunya dengan membersihkan saluran-saluran di pemukiman.

“ BPBD Kepri sifatnya membantu, himbauan dan logistik untuk mengantisipasi dampaknya, jauh-jauh hari sudah disalurkan ke masing-masing kabupaten/kota,” katanya.

Jika banjir rob tersebut berdampak besar, Hasbi menyarankan agar BPBD kabupaten/kota segera menetapkan status. Syaratnya 1 x 24 jam jika terdampak, kabupaten/kota bisa menetapkan status agar anggaran penanganan bencana dari APBD bisa segera dicairkan. (ir)

Editor : Herry
 

Posting Komentar