-->

Ads (728x90)

Pandemi Covid-19 Melandai, Kunjungan Wisman di Batam Terus Meningkat
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Walikota Batam Rudi saat kegiatan salah satu event di Batam (Fhoto : dok Diskominfo Batam)

By Parulian

BATAM,Realitamedia.com  -  Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, kunjungan wisata manca negara (Wisman) dari tahun 2020 hingga tahun 2022 terus meningkat.

Pada tahun 2020 saat Batam dan dunia dilanda wabah Covid-19, kunjungan Wisman ke Batam hanya 299.158 kunjungan. Tahun 2021 masih data BPS Batam kunjungan Wisman di Batam menurun hanya 2.651 kunjungan.

Namun kunjungan Wisman pada tahun 2022 lalu meningkatkan drastis, angkanya mencapai 565.936 kunjungan.

“ Angka ini naik drastis dibandingkan dua tahun saat Batam dan dunia dilanda wabah Covid-19,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Batam Centre, Kamis (2/2/2023).

Rudi yang juga Kepala BP Batam optimistis pada 2023 ini, sektor pariwisata makin bangkit lagi.  Ia mengajak para pelaku pariwisata menyambut antusias kebangkitan pariwisata Batam pasca pandemi Covid-19.

Ia menyebut pihaknya akan terus memperhatikan sektor pariwisata, bahkan, sejumlah aksesibilitas hingga amenitas penunjang pariwisata terus dibangun.

Pemko dan BP Batam saat ini gencar membangun Batam dari segala sektor, jalan sudah molek supaya wisatawan nyaman dan senang berkunjung ke Batam.

“ Bandara Hang Nadim yang merupakan salah satu pintu masuk wisatawan ke Batam saat ini sedang dikembangkan agar sektor pariwisata semakin maju dan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat," ujarnya.

Selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dampak dari kemajuan sector pariwisata juga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak hiburan, hotel, hingga restoran.

Jika PAD meningkat, lanjutnya, pembangunan lancar, dan program kesejahteraan bagi masyarakat makin banyak.

Rudi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini, bagi yang memiliki produk ekonomi kreatif, ia meminta dipasarkan dengan baik kepada wisatawan. (ian)



Editor : Herry

 

Posting Komentar