-->

Ads (728x90)

Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0318 Natuna Menanam Jagung
Anggota Kodim 0318 Natuna menanam jagung manis di Kecamatan Bunguran Batubi Kamis (16/2/2023)(Fhoto : Budi Dharma/Realitamedia.com)

By Budi Dharma 


NATUNA, Realitamedia.com
– TNI memiliki peran sebagai alat negara untuk  mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Namun kejadian unik dilakukan oleh TNI AD Kodim 0318 Natuna yang perlu diapresiasi karena selain menjalankan tugas pokok, para prajurit di perbatasan negara tersebut justru menanam jagung untuk ketahanan pangan masyarakat di Kabupaten Natuna.

Para prajurit TNI AD Kodim 0318 Natuna yang dibantu oleh masyarakat Kecamatan Bunguran Batubi itu penuh semangat menanam jagung. Satu persatu bibit jagung ditanam di tanah yang telah dicampur dengan kompos.

Tetapi sebelum jagung itu ditanam, prajurit TNI AD menggunakan traktor untuk menggemburkan tanah, secara perlahan tanah di wilayah itu siap untuk dijadikan lahan jagung.

Setelah tanah tersebut digemburkan kemudian tanah itu ditaburi dengan kompos. Hal ini dilakukan agar jagung dapat tumbuh dengan subur.

Bibit jagung yang ditanam ini merupakan jagung manis dengan kualitas bagus, seluruh bibit jagung tersebut ditanam di lahan seluas 1 hektar.

Pasiter Kodim 0318 Natuna, Kapten Inf Kristian Napitupulu kepada wartawan di lokasi penanaman mengatakan penanaman jagung ini merupakan program dari Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang kemudian ditindaklanjuti oleh Pangdam dan diteruskan ke seluruh jajaran TNI. Tujuan penanaman jagung ini untuk menjaga ketahanan pangan serta memanfaatkan lahan yang tidak produktif.

“ Nantinya jagung ini akan dipanen dalam waktu 70 hari ke depan, seluruh hasil panen jagung ini bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya, Kamis (16/2/2023) .

Ia menyebut pihaknya akan tetap menjalankan program ini di wilayah lainnya yang ada di Natuna dan Kepulauan Anambas. (Bu)


Editor : Herry
 

Posting Komentar