-->

Ads (728x90)

Raih Medali Emas Aiseef, Pj Walikota Apresiasi Empat Pelajar SMA Negeri 1 Tebing Tinggi
Empat pelajar SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi peraih medali emas pada Ajang Aiseef 2023 kategori Environmental Science di rumah dinas Wali Kota, Rabu (22/02/2023) (Fhoto : Iqbal /Realitamedia.com)

By Iqbal


TEBING TINGGI, Realitamedia.com – Empat pelajar SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi berhasil meraih medali emas pada ajang Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2023 kategori Environmental Science.

Ajang AISEEF 2023 tersebut digelar oleh IYSA dan Fakultas Teknik UNDIP di Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah dari tanggal 10 – 14 Februari 2023 yang lalu.

Penjabat (Pj) Walikota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP merasa bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang diraih keempat pelajar tersebut.

Prestasi yang diraih keempat pelajar itu merupakan suatu kebanggaan dan apresiasi bagi Pemko dan masyarakat Kota Tebing Tinggi, karena kemenangan ini membuktikan bahwa anak-anak Kota Tebing Tinggi memiliki inovasi, kreatifitas dan kompetensi yang tinggi sehingga mereka dapat bersaing dan meraih medali emas dalam ajang Internasional tersebut.

“ Dengan diraihnya prestasi tersebut, saya berharap kiranya tidak berhenti sampai disini saja, namun terus dikembangkan dan ditingkatkan inovasi dan kreatifitas. Selamat dan sukses, tetap semangat,” kata Pj Walikota Tebing Tinggi saat menerima audensi keempat pelajar tersebut di rumah dinas Wali Kota, Rabu (22/02/2023).

Audensi itu dihadiri Kadis Pendidikan, Kadis Kominfo, Kadis Sosial, Kadis P3APM dan Kepala Sekolah SMAN 1, Humisar Sigalingging serta  guru pembimbing keempat pelajar tersebut.

Saat audensi, Kepala Sekolah SMAN 1, Humisar Sigalingging kepada Pj Walikota Tebing Tinggi mengatakan penelitian dan pengerjaan anak muridnya sudah berjalan selama kurang lebih 4 bulan, mulai dari uji tes hingga meraih prestasi membanggakan medali emas.

Siswa berprestasi SMAN 1 yang dibimbing oleh guru Biologi Maimunah Nasution, yaitu Gita Siagian, Muhammad Raihan, Zahara Nathasya Ayu dan Naifa Aqila Irvan Dalimunthe dengan produk kreatifitasnya, "Trucostea".

Maimunah Nasution selaku guru pembimbing menjelaskan bahwa "Trucostea" merupakan gabungan bahan organik yang terbuang dan merupakan local wisdom (kearifan lokal), terdiri dari jenggot jagung, kulit jeruk Berastagi dan teh hijau Sidamanik dengan kegunaannya menurunkan kadar kolesterol, menurunkan batu empedu, sebagai penurun berat badan/ diet dan manfaat lainnya yang berguna bagi tubuh.  

Rasa senang dan bangga juga turut disampaikan salah seorang siswa prestasi tersebut, Zahara Nathasya Ayu, yang mana Zahara Nathasya dapat membawa harum nama sekolah dan Kota Tebing Tinggi.

"Dan kami merasa senang bertemu dengan Bapak Pj. Wali Kota, yang banyak memberi nasehat dan rekomendasi ke depan," tutupnya.

Ajang lomba bergengsi tersebut diikuti oleh para pelajar dan mahasiswa se-Asean dari 15 negara dan 368 tim serta peserta yang berpartisipasi tak hanya dari jenjang SMA melainkan dari jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan juga mahasiswa/ Perguruan Tinggi. (Bal)

Editor : Herry

 

Posting Komentar