-->

Ads (728x90)

PT Timah Tbk Bina Kelompok Tuah Ketam Membudidayakan Pembesaran Kepiting Bakau
Pembudidayaan pembesaran kepiting bakau oleh Kelompok Tuah Ketam yang dibantu PT Timah TBK di Desa Sawang Laut, Kamis (8/6/2023) (Realitamedia.com / James)


By James
KARIMUN, Realitamedia.com
– Melalui program pemberdayaan masyarakat, PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur membantu dan membina kelompok Tuah Ketam, Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat membudidayakan pembesaran kepiting bakau.

Program budidaya pembesaran kepiting bakau ini dilakukan untuk mendorong kemandirian ekonomi masyarakat.

“ Melalui program ini memberikan peluang usaha bagi masyarakat untuk membudidayakan kepiting yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi,” kata Ketua Kelompok Tuah Ketam Amran, Kamis (8/6/2023).

Amran mengatakan dirinya sangat senang dengan program dari PT Timah Tbk, karena sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka hanya mengandalkan pendapatan sebagai nelayan yang menjaring ikan.

"Sekarang selain dengan hasil menjaring ada tambahan pendapatan dari berbudidaya pembesaran kepiting bakau yang mana semua diberikan oleh PT Timah. Kami tidak hanya dibantu bibit saja, tapi juga diberikan pelatihan dan keperluan yang lainnya juga dibantu serta dibimbing dalam prosesnya," katanya.

Lanjutnya, saat ini Kelompok Tuah Ketam sedang belajar untuk mandiri dan tidak lagi bergantung dengan bantuan dari PT Timah Tbk. Budidaya yang mereka jalani sudah memiliki hasil, namun tak lantas membuat mereka berpuas diri.

“ Saat ini Kelompok Tuah Ketam telah memiliki dua kolam pembesaran kepiting dengan tiap kolam nya mampu diisi kurang lebih 200 sampai 250 ekor,” katanya.

Amran mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan PT Timah Tbk, ke depan pihaknya akan mencoba untuk mandiri dan akan terus berkembang dengan pengalaman yang telah dimiliki.

“ Hal tersebut perlu dilakukan karena kepiting memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan mudah untuk pemasaran karena masyarakat di sekitar Kundur Barat ini hobby makanan seafood," katanya.


Ia mengapresiasi PT Timah Tbk, karena keberadaannya sebagai perusahaan yang mendapatkan mandat dari negara untuk mengelola sumber daya alam timah tidak hanya untuk melaksanakan proses bisnis saja. Melainkan juga mendorong kemajuan dan kemandirian masyarakat di lingkar tambang.

Ia menilai PT Timah Tbk yang merupakan anggota holding Industri pertambangan MIND ID secara berkelanjutan melaksanakan tanggungjawab sosial lingkungannya. Menurutnya hal tersebut juga selaras dengan nilai-nilai Enviromental, Social dan Governance (ESG) yang dijalankan perusahaan.  (Jam)


Editor : Herry
 

Posting Komentar