-->

Ads (728x90)

Wabup Natuna Buka Rakor Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Eloktronik
Wabup Natuna Rhodia Huda saat membuka Rakor SPBE di Lantai II Kantor Bupati, Jumat (23/6/2023) (Realitamedia.com / Budi Dharma)

By Budi Dharma
NATUNA, Realitamedia.com
- Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rhodial Huda membuka secara langsung rapat koordinasi (Rakor) Sistem Pemerintahan Berbasis Eloktronik (SPBE ) di lantai II Kantor Bupati, Bukit Arai, Jumat (23/06/2022) sekitar puku 00.08 WIB.

Dalam kesempatan itu Rhodial Huda menyampaikan kepada Dinas terkait agar tidak membuat regulasi atau sistem sendiri, apalagi sistem itu menyangkut biaya  yang bisa mengakibatkan temuan.

Ia berharap setiap elemen di Pemerintahan, khususnya Kabupaten Natuna dapat mengikuti regulasi seperti sistem elektronik yang sudah diterapkan Pemerintah Pusat.

"Saya harap rekan-rekan semua, khususnya Dinas Kominfo dalam hal ini tidak membuat sistem sendiri yang bisa menjadi problem baru atau temuan nantinya," ucap Rhodial.

Ditambahkannya, walaupun temuan BPK lebih sedikit dibanding daerah lain, namun ia berharap seluruh pegawai bisa bekerja baik dengan pelayanan cepat, sekaligus berbenah dalam menangani segala kekurangan terkait regulasi karena itu sudah merupakan kewajiban.

"Mari saling bersinergi untuk melaksanakan program SPBE, agar memudahkan pelayanan masyarakat maupun didalam pemerintahan, sekalipun lebih sedikit temuan di Kabupaten Natuna dibanding daerah lain. Namun saya berharap kita bekerja lebih baik lagi dengan pelayanan cepat dan mengikuti regulasi pusat yang sudah ada,” katanya.

Untuk diketahui, tahun 2022 ada 8 titik SPBE, dengan nilai 2,8 persen penerapannya, sehingga kurang maksimal dari segi mode pembayaran lewat no rekening ataupun lainnya.

Amin selaku Kepala Inspektorat Kabupaten Natuna menjelaskan, berdasarkan hasil audit BPK penerapan sistim yang ada belum maksimal, jadi masih perlu evaluasi dan regulasi yang jelas.

Diterangkannya, pentingnya pelaksanaan monitoring melalui data perdata agar optimal dan terkoneksi dengan jumlah pemakaian, sehingga pemakaiannya mudah diketahui termasuk angkanya berapa dan siapa yang memakai sistem elektronik tersebut.

Ia juga mengatakan, temuan lainnya dari BPK adalah mengenai regulasi dan meminta tim yang sudah ada  bekerja sungguh -sungguh, serta menyampaikan perkembangan terkait pemakaian sistem eloktronik tadi ke depannya.

"Jadi saya harap setiap pemakaian sistem eloktronik itu ada datanya semua dan saya rasa setiap pemakaian tertera semua dan kawan - kawan seluruhnya dapat bekerja sebaik - baiknya  agar tidak ada temuan lagi," kata Amin.

Ia mengajak seluruhnya berkabolarasi untuk menuntaskan seluruhnya, sebab pengaruhnya ke Menpan RB dan opininya ke BPK .

"Sebenarnya kita sudah melaksanakan sistem perancanaan, namun tidak efektif dalam sistem eloktronik disebabkan regulasinya tidak bergerak karena pedomannya tidak ada. Ke depannya kita akan laksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Eloktronik yang sudah ditetapkan pemerintah pusat, "terang Amin. (Bu)




Editor : Herry

Posting Komentar