-->

Ads (728x90)

Wabup Natuna Serahkan Bantuan kepada Korban Tanah Longsor di Kecamatan Serasan dan Serasan Timur
Wabup Natuna Rodhial Huda bersama penerima bantuan korban tanah longsor di Gedung BPMKS, Desa Pelimpak, Jumat (16/6/2023) (Realitamedia.com / Budi Dharma)


By Budi Dharma 

NATUNA, Realitamedia.com - Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda bersama Ketua TP PKK dan Forkopimda Natuna menyerahkan secara simbolis bantuan korban musibah alam tanah longsor Kecamatan Serasan dan Serasan Timur pada Jumat (16/6/2023) di Gedung BPMKS, Desa Pelimpak.

Wabup Natuna mengatakan donasi yang terkumpul sebesar Rp 1,937 milyar,- pada tahap pertama sudah disalurkan kepada masyarakat sebesar Rp 1,536 milyar,  belanja operasional PMI sebesar Rp 42,595 juta,- kebutuhan PB PMI Rp 30,869 juta,- dan belanja alat komunikasi sebesar PB 10 juta,- 

“ Untuk tahap kedua disalurkan sebesar Rp 310 juta,- dengan rincian : jumlah bantuan meninggal dunia sebesar Rp 2 juta/jiwa, rumah rusak berat Rp 3 juta/KK, rumah rusak sedang Rp 2,5 juta/KK, rumah rusak ringan Rp 2,2 juta/KK, dan rumah tidak layak huni Rp 2 juta/KK,” katanya.

Selanjutnya Wabup Natuna mengatakan untuk BTT bantuan biaya berobat saat ini sudah direview inspektorat, tinggal menunggu inspektur pulang untuk menandatanganinya dan Dana Tunggu Hunian (DTH) sudah diusulkan ke BNPB saat ini dalam proses.

“ Masa transisi tanggap darurat menuju pemulihan sampai tanggal 30 Juni 2023. Namun demikian bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Kemuudian Wabup mengatakan hunian tetap Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) telah dibangun sebanyak 100 unit. Namun pemerintah sudah mengajukan pembangunan 147 unit rumah kepada Kementerian PUPR.

Ia mengatakan pihaknya berharap agar masyarakat dapat menggunakan bantuan dari pemerintah ini untuk hal-hal yang bermanfaat dan semoga ke depannya Kabupaten Natuna terhindar dari musibah.

Di tempat yang sama, Sekretaris Camat Serasan Esas Erwansyah mengucapkan terima kasih kepada Pemda Natuna atas bantuan yang telah diberikan kepada korban musibah longsor di daerahnya. (Bu)


Editor : Herry
 

Posting Komentar