-->

Ads (728x90)

Gubernur Ansar Meninjau dan Berikan Bantuan kepada Korban Puting Beliung di Pulau kasu
Gubernur Ansar (kaus kuning) bersama Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar saat meninjau korban angin puting beliung di Pulau Kasu, Batam, Minggu (26/6/2023) (Fhoto : Ist)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com - Puluhan rumah di pesisir Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mengalami kerusakan parah akibat terjangan angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (24/6) sekitar pukul 02.00 dini hari.

Sayangnya, banyak penduduk yang tidak menyadari saat puting beliung datang, sehingga menyebabkan kerugian yang cukup besar. 

Mendapat informasi tersebut, Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad langsung turun ke pulau Kasu, Batam, pada Minggu (25/06), untuk meninjau langsung dan memberikan bantuan kepada korban puting beliung yang melanda pulau tersebut. 

Gubernur Ansar melihat langsung kondisi rumah-rumah yang rusak berat akibat bencana puting beliung. Dalam waktu yang singkat, ia memberikan perintah kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkin) untuk segera mendata rumah-rumah yang terdampak dan rusak.

Gubernur menargetkan bahwa dalam waktu 10 hari, bantuan akan diberikan kepada rumah-rumah yang terdampak menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT), serta direvitalisasi sesuai tingkat kerusakan yang dialami. 

"Nanti setelah didata perkim, kita akan berikan bantuan tunai agar masyarakat bisa memperbaiki rumah mereka, kita berikan apresiasi juga untuk teman-teman DPRD Provinsi Kepri karena mereka yang menyetujui penggunaan anggaran untuk bantuan, kita sebagai eksekutif hanya pengguna dan mengusulkan," kata Gubernur Ansar. 

Ia menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyalurkan bantuan berupa 83 paket box kontainer sembako kepada korban. Setiap paket terdiri dari beras 10 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, susu bubuk ukuran 200 gram, biskuit kaleng ukuran 650 gram, sarden kaleng ukuran 425 gram, kornet daging ukuran 340 gram. Selain itu, juga disertakan bantuan berupa 100 lembar selimut. 

"Data terbaru dari kelurahan ada 102 rumah yang terdampak, untuk sisa bantuannya akan segera kita salurkan jadi semuanya dapat bantuan," kata Gubernur Ansar. 

Gubernur Ansar juga memberikan bantuan serupa dari sumber pribadinya dengan jumlah yang sama seperti yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Mengingat mendekati hari raya Idul Adha, dirinya juga akan menyumbangkan satu ekor sapi untuk qurban kepada masyarakat Pulau Kasu sebagai bentuk dukungan dan solidaritas. 

Selain memberikan bantuan, Gubernur Ansar Ahmad juga menyempatkan diri untuk menghibur anak-anak korban puting beliung yang menjadi pengungsi sementara di posko tenda yang didirikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Tampak Gubernur Ansar memberikan semangat dan mengajak anak-anak tersebut untuk bersholawat bersama. 

Tutut hadir dalam kunjungan Gubernur Ansar yaitu Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Anggota DPRD Provinsi Kepri Alex Guspeneldi dan Wahyu Wahyudi, Widyaiswara Ahli Utama Lamidi, Kepala BPBD Provinsi Kepri Hasbi, Kepala Dinas Perkim Provinsi Kepri Said Nursyahdu, anggota tim percepatan pembangunan Sarafudin Aluan, Suyono Saeran, dan Syarifah Normawati. (ian)


Editor : Herry

 

Posting Komentar