-->

Ads (728x90)

Bupati bersama Forkopimda Asahan Meletakkan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran
Bupati Asahan H. Surya, BSc saat melakukan peletakan batu pertama  pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran (Realitamedia.com / Osten)


By Osten


ASAHAN, Realitamedia.com
– Setelah diresmikan tahun 2019 lalu, Dinas PUTR Kabupaten Asahan melakukan pengembangan dan penataan landscape Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dengan membangun menara.

Peletakan batu pertama pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran ini dilakukan Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si, Selasa (27/06/2023).

Peletakan batu pertama tersebut diikuti juga oleh Kajari Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Dandim 0208/Asahan, Sekda Kabupaten Asahan, Para Asisten, OPD, Ketua MUI, Ketua Etnis, OKP dan tamu undangan lainnya.

 “ Tujuan dari pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran ini sebagai perwujudan dari Visi Pemerintah Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026 yaitu Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter serta implementasi dari beberapa program prioritas Kabupaten Asahan diantaranya Asahan Religius, Asahan Go Wisata, serta program Infrastruktur Kuat,” kata  Kepala Dinas PUTR Kabupaten Asahan Agus Jaka Putra Ginting, SH, MH

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran dilaksanakan dalam rangka proses pengembangan dan penataan landscape masjid yang tahapan pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2011 hingga diresmikan pada tahun 2019.

"Sesuai dengan perencanaannya, sampai saat ini, komplek Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran telah memiliki beberapa komponen bangunan utama yaitu Gedung Masjid, Miniatur Kabah, Gedung Tahfidz dan kita ucapkan syukur “Alhamdulillah” kepada Allah SWT, pada tahun ini kita akan memulai pembangunan Menara Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran setinggi 99 meter yang berada di sisi timur halaman Masjid," ucapnya.

Kemudian Bupati mengatakan dengan dimulainya pembangunan Menara Masjid ini hingga selesai nanti, diharapkan Pemerintah dan masayarakat akan menerima manfaat dan keuntungan dari beberapa aspek yaitu, aspek estetika yang akan memperindah Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, aspek ekonomi yang diharapkan akan menambah pemasukan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Asahan serta meningkatkan promosi produk UMKM Kabupaten Asahan melalui penjualan marchendise/souvenir Wisata Religi Kabupaten Asahan. 

Selanjutnya, aspek sosial yaitu akan menjadi objek wisata religi baru bagi Masyarakat Asahan maupun masyarakat luar kota yang ingin melihat pemandangan Kota Kisaran dari ketinggian 99 meter serta aspek pendidikan yaitu pada menara ini juga akan dibangun sebuah museum dan perpustakaan yang akan menampilkan sejarah perkembangan dan penyebaran Agama Islam di Kabupaten Asahan.

Terakhir Bupati berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan agar dapat mengawasi pembangunan Menara Masjid nantinya, sehingga menara ini memiliki kualitas yang baik dan akan menjadi salah satu icon Kabupaten Asahan. 

"Mari kita awasi secara bersama pembangunan menara ini, sehingga bangunannya berkualitas sesuai dengan apa yang kita inginkan," tandasnya.  (ten)


Editor : Herry
 

Posting Komentar