-->

Ads (728x90)

 

Salat Iduladha 1444 H, Ribuan Jemaah Padati Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
Walikota Batam Muhammad Rudi menyampaikan sambutannya usai melaksanakan salat Idul Adha 1444 H di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (dok Diskominfo Batam)


By Parulian


BATAM, Realitamedia.com -  Walikota Batam Muhammad Rudi, Ketua TP-PKK Kota Batam yang juga Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina serta sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Batam dan ribuan jemaah melaksanakan salat Idul Adha 1444 H di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Penyelenggaraan salat Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah tingkat Kota Batam pada Kamis  29 Juni 2023, dipusatkan di tiga lokasi. Diantaranya yakni di Dataran Engku Putri Batam Center, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman di Sei Harapan Sekupang.

Untuk di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah bertindak selaku Imam adalah Ustadz Syamsul Efendi, Khatib Ustadz Lukman Rivai dan Bilal Mirwan Priadi.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan Iduladha mengajarkan umat Islam akan arti dari pengorbanan yang sesungguhnya kepada Allah SWT, dimana pengorbanan itu tentang bertindak tulus dan ikhlas.

"Nilai berkurban sangatlah penting untuk membuktikan rasa kepedulian ke sesama dan juga rasa takwa kepada Allah," kata Walikota Rudi melalui Kepala Diskominfo Batam Rudi Panjaitan saat ditemui melalui WhatsAppnya, Kamis (29/6/2023).

Menurutnya dengan berkurban, juga menjadi bukti cinta kepada sesama. Karena itu Rudi mengajak agar Hari Raya Iduladha ini dapat dimaknai dan dijadikan momentum pembersihan diri.

Selain itu, Rudi juga meminta kepada seluruh masyarakat Kota Batam untuk dapat terus mendukung pemerintah dalam membangun daerah. Ia menegaskan, pembangunan di Batam semata-mata demi kesejahteraan masyarakat.

"Selamat Hari Raya Iduladha 1444 H, semoga kita semua dapat terus meningkatkan keimanan kepada Allah SWT," katanya.

Sementara, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengatakan Hari Raya Iduladha mengajarkan kepada kaum muslim tentang arti kesetaraan. Makna berkurban juga mengajarkan saling berbagi dengan sesama.

Pada kesempatan itu, Marlin juga mengajak seluruh masyarakat Provinsi Kepri pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya untuk sama-sama menjaga ketertiban, keamanan, persatuan dan kesatuan.

"Kami atas nama Pemprov Kepri dan nama pribadi, mengucapkan selamat Hari Raya Iduladha 1444 H. Mohon maaf lahir dan bathin," kata Marlin.

Sebagaimana diketahui untuk pelaksaan salat Iduladha tahun ini di Kota Batam dilaksanakan di 635 titik. Sedangkan untuk hewan kurban, total ada 3.642 ekor dengan rincian 1.187 sapi dan 2.455 kambing.

Sementara jumlah kurban di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sebanyak 10 sapi dan 7 kambing. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi juga turut berkurban sapi dengan jenis Limousin seberat lebih kurang 1 ton.

Usai salat berjamaah, Rudi bersama bersama Marlin menyerahkan hewan kurban kepada panitia kurban, yang juga  disaksikan oleh sejumlah masyarakat Kota Batam. (ian)


Editor : Herry

Posting Komentar