-->

Ads (728x90)

Dekopin Kota Batam dan Angkasa Malaysia Gelar Pameran Expo Produk Koperasi Malaysia-Indonesia Tahun 2023
Gubernur Ansar menemui salah satu stand usai membuka Pameran Expo Produk Koperasi Malaysia - Indonesia Tahun 2023 di Atrium Pusat Perbelanjaan Nagoya Hill Kota Batam, Jumat (23/6/2023)(Fhoto : Ist)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kota Batam dan Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia (Angkasa) Malaysia menggelar pameran Expo Produk Koperasi Malaysia - Indonesia Tahun 2023 pada Jumat (23/6/2023) di Atrium Pusat Perbelanjaan Nagoya Hill Kota Batam.

Pameran Expo ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan dihadiri secara langsung Ketua Umum Dekopin Pusat Nurdin Halid.

Pameran Expo ini akan digelar selama 3 hari dari tanggal 23 - 25 Juni 2023 dan akan diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti digitalisasi koperasi apilkasi telkomsel, bussinees meeting, hingga pertemuan dengan investor Angkasa Malaysia.

Usai membuka pameran Expo ini, Gubernur Ansar kepada wartawan mengatakan pihaknya menyambut baik pameran Expo Koperasi kali ini. Pameran ini akan memberikan banyak manfaat bagi para pengelola koperasi di Kota Batam dan Kepri, serta  tentunya untuk para pelaku koperasi Angkasa Malaysia itu sendiri.

Ia menyebut dengan digelarnya pameran Expo ini, para pengelola koperasi akan bisa menjual dan memasarkan produk-produk unggulan mereka, yang akan ditampung dan dipasarkan oleh para pelaku koperasi Angkasa Malaysia. Dan ini akan berlaku untuk sebaliknya. 

“ Dengan kata lain, akan ada sinergitas dan kerjasama yang lebih baik lagi, antar koperasi kita dengan koperasi Angkasa Malaysia," ungkapnya.

Sebagai soko gurunya perekonomian Indonesia, katanya, peran koperasi sangat menentukan sekali sebagai tiang penyangga perekonomian masyarakat. Hal tersebut sudah terbukti, meski perekonomian Indonesia kerap menghadapi terpaan krisis, koperasi tetap jalan membantu perekonomian masyarakat.
Untuk memajukan koperasi, katanya, perlu sentuhan dan kebersamaan serta dukungan seluruh pihak.

Lanjutnya, salah satu yang perlu dilakukan dan sudah sangat mendesak adalah dukungan penerapan dan penggunaan teknologi melalui digitalisasi koperasi. Agar koperasi bisa bersaing lebih luas dan bebas, di era modern seperti sekarang ini. 

"Dengan demikian, produk unggulan koperasi kita bisa ditawarkan lebih luas lagi, dan mampu bersaing di pasar bebas," harap Gubernur Ansar.

Di tempat yang sama Pengurus Kwasa Jawatan Koperasi Angkasa Malaysia Haji Sazali Bin Abdul Hamid mengatakan pameran Expo ini merupakan kegiatan perdana, dalam rangka memajukan kedua koperasi, baik koperasi Angkasa Malaysia dan juga koperasi Indonesia.

Dimana nantinya sambung Haji  Sazali Bin Abdul Hamid, produk-produk kedua koperasi ini akan saling membeli dan menjual, agar produknya makin lebih dikenal dan diterima pasar kedua negara serumpun bertetangga ini.

"Kita ingin kegiatan expo ini menjadi awal kerjasama yang baik, dalam rangka mendorong dan memajukan keberadaan produk unggulan kedua koperasi, dan ke depan kegiatan ini akan bisa terus berlanjut," kata Haji Sazali Bin Abdul Hamid.

Ketua Umum Dekopin Pusat Nurdin Halid juga berharap kegiatan expo kali ini menjadi wujud nyata upaya memperluas kerjasama koperasi Indonesia dengan koperasi Angkasa Malaysia. Di mana nantinya, keduanya akan bisa memasarkan berbagai produk unggulan mereka.

Kegiatan expo kali ini juga diakui Nudin Halid, mendapat dukungan luar biasa dari Telkomsel. Yang mana, Telkomsel akan memberikan kemudahan bagi sepuluh koperasi di Batam, tentunya hasil rekomendasi Dekopin Batam, untuk menjadi koperasi digital Telkomsel.

Di hadapan Gubernur Ansar dan tamu undangan, Nurdin Halid juga meminta secara langsung kesediaan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, agar pelaksanaan Hari Koperasi Tahun 2024 nanti dilaksanakan di Provinsi Kepri, sekaligus sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rakernas Dekopin nantinya.

"Alhamdulillah Gubernur Ansar setujui dan bersedia" ucapnya bangga.

Seperti diketahui, kegiatan expo kali ini diikuti 30 booth peserta pameran, dimana sebanyak  20 peserta berasal dari Malaysia dan 10 peserta lainnya adalah koperasi lokal di Batam. (ian)


Editor : Herry
 

Posting Komentar