-->

Ads (728x90)

Jefridin Ikut Gotongroyong Bersihkan Parit di Samping Perumahan Gesya Batam Center
Sekdako Batam Jefridin saat bergotongroyong dengan anggota pramuka di di samping Perumahan Gesya Batam Center, Jumat (2/06/2023) (Realitamedia.com/Parulian)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Batam Jefridin Hamid ikut turun bergotong royong bersama ratusan anggota pramuka membersihkan parit di samping Perumahan Gesya Batam Center, Jumat (2/06/2023).

Jefridin yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Batam mengatakan kegiatan gotong royong membersihkan parit ini sebagai tindak lanjut terjadinya banjir di SMP Negeri 28 Taman Raya pada Kamis lalu.

“ Aliran air dari SMP Negeri 28 melalui parit ini," kata Jefridin.

Anggota Pramuka yang mengikuti gotong royong ini berasal dari sekolah yang dekat dari sekolah  tersebut. Mereka membawa sapu lidi, cangkul dan parang untuk memotong rumput yang ada di pinggir jalan.

Pantauan di lapangan tampak, Jefridin bersama pembina Pramuka dan pasukan kuning secara estafet mengeluarkan sampah yang terdapat di dalam parit sedalam tiga meter itu. Pohon dan ranting kayu berhasil dikeluarkan dan langsung dimasukkan ke dalam mobil truk untuk langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur. Dua truk diturunkan untuk mengangkut sampah yang berhasil dikeluarkan dari parit.


"Sampah di dalam parit luar biasa sekali bukan hanya sampah rumah tangga, kasur pun dibuang ke dalam parit. Bagaimana tidak tersumbat parit kita, kasur tidak akan hanyut terbawa air," sebutnya.

Jefridin menyayangkan masih rendahnya kesadaran masyarakat Kota Batam untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika parit masih dipenuhi sampah menurutnya jika hujan sebentar Batam akan banjir. Apabila sudah banjir yang akan terkena dampaknya masyarakat.

Kemudian Jefridin mengatakan disetiap kesempatan dirinya selalu menyampaikan agar masyarakat menjaga kebersihan, dimulai dari kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

“ Jangan membuang sampah disembarang tempat, buanglah sampah pada tempatnya," katanya.

Kegiatan gotong royong dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Jefridin mengucapkan terimakasih kepada pembina dan anggota Pramuka yang turut berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih ini. (ian)


Editor : Herry
 

Posting Komentar