-->

Ads (728x90)

Aplikasi Klik Pelalawan Komitmen Pemkab Pelalawan Mengimplementasikan Program  Pelalawan Maju
Bupati Pelalawan H. Zukri, dan Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin bersama OPD Terkait Lauching Apliaksi Klik Pelalawan Tepat Hari Jadi Kabupaten Pelalawan Ke 23 Tahun. (dok Diskominfo Pelalawan)

By Anton

PELALAWAN, Realitamedia.com- Guna memudahkan masyarakat menyalurkan aspirasi dan keluhannya, Pemerintah Kabupaten Pelalawan meluncurkan program berbasis teknologi bernama ‘Klik Pelalawan’, yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Saat ini, Bupati begitu gencar mensosialisasikan aplikasi ini ke masyarakat.

Aplikasi ‘Klik Pelalawan’ menjadi momok menakutkan bagi para pejabat di lingkup Pemda Pelalawan. Mengingat ‘Klik Pelalawan’ ini bisa dikatakan sebagai mata-mata bupati H Zukri mengevaluasi anak buahnya apakah bekerja atau tidak di lapangan.

Aplikasi ‘Klik Pelalawan’ diluncurkan bertepatan di hari jadi Kabupaten Pelalawan tahun 2022 lalu yang ditandai dengan Helat Pelalawan ke-23. Setiap warga dapat mendownload aplikasi ‘Klik Pelalawan’ lewat play store di HP Android.

” Ya,kita buat sebuah aplikasi untuk memudahkan masyarakat menyampaikan keluhan yang terjadi di tempat mereka tinggal, dimana aplikasi tersebut bernama Klik Pelalawan. Aplikasi Klik merupakan langkah tepat bersama dalam mendorong terwujudnya misi saya bersama Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddij SH MH yakni Pelalawan Maju, sehingga diharapkan masyarakat lebih mudah untuk membuat aduan. Aduan yang disampaikan warga langsung kita respon dan tanggapi,” kata Bupati Pelalawan Zukri dikutip dari keterangan resminya yang disampaikan,  Senin (3/7/2023) kemarin

Zukri juga mengatakan, bahwa dalam aplkasi tersebut ada beberapa kategori yakni pengaduan,pelayanan, informasi kesehatan,CSR dan lainnya.  Aplikasi Klik Pelalawan yang berbasis teknologi perlu didukung dan mengingat dalam pelayanan berbasis teknologi  merupakan bagian dari perkembangan kemajuan birokrasi Pemkab Pelalawan.

” Isi dari aplikasi tersebut seperti klik lapor atau aspirasi, klik KTP, klik lowongan kerja, klik pendidikan, klik publik, klik zakat, klik perizinan,klik berobat, klik media center, klik umkm. Ä·lik BUMD, klik sembako, klik CSR, klik nomor penting, klik transport, klik info pajak, klik siko,klik si Bono, layang Bono dan peduli lindungi. Aplikasi ini bisa di download masyarakat di Playstore hp,”ujarnya.

Kemudian Bupati mengatakan untuk aplikasi pengaduan masyarakat seperti ini, kalau tidak salah hanya Kabupaten Pelalawan satu-satunya di Provinsi Riau yang memiliki aplikasi sendiri berbasis digital. Masyarakat tidak perlu lagi berjumpa langsung dengan bupati, ataupun me-WA dirinya, cukup masuk ke aplikasi dan sampai persoalan di menu klik lapor. Dimana bila masyarakat melapor berbagai persoalan berjumpa langsung, atau lewat pesan WA, sebagai manusia biasa kata bupati Zukri tak luput dari sifat pelupa. Sehingga persoalan yang disampaikan masyarakat kadang terlupa dan tidak jadi ditindaklanjuti.

” Untuk itu, jiika masyarakat melapor di aplikasi klik Pelalawan, pasti tidak akan lupa dan dia tetap ada selagi aplikasi tetap ada sebagai jejak digital. Bahkan setiap setiap Coffee morning Senin pagi dievaluasi bersama kepala OPD di lingkup Pemda Pelalawan,” tegasnya.



Apalagi di aplikasi Klik Pelalawan bekerja dengan sistem yang sudah didesain sedemikian rupa. Misalnya, ada warga melaporkan jalan rusak atau persoalan apa saja, lalu difoto dan di upload di aplikasi ‘Klik Pelalawan’. Sistem aplikasi akan bekerja. Jika pengaduan masyarakat ini tidak ditindak lanjuti oleh OPD yang berkaitan dalam waktu cepat, dakan memberikan tanda kuning bahkan tanda merah.

” Di sinilah menjadi tolak ukur apakah OPD terkait bekerja atau tidaknya. Perlu digaris bawahi, Dipastikan, kawan-kawan kepala dinas dan seluruh pejabat, kalian harus mulai takut, bahwa sekarang yang ditakuti itu bukan bupati, Wabup atau BKPSDM, bukan itu lagi. Tetapi yang harus ditakuti adalah aplikasi fitur klik lapor di ‘Klik Pelalawan’. Sebab seluruh laporan ada disini. Jika tidak ditindaklanjuti, status di klik lapor ini tetap merah, jika tidak berubah statusnya menjadi hijau berarti anda tidak bekerja dan siap dievaluasi,”tegasnya.

Zukri menambahkan, bahwa dirinya berharap agar aplikasi yang telah dicanangkan ini untuk dapat menjadi aplikasi terpadu buat masyarakat. Peluncuran aplikasi Klik Pelalawan bertujuan untuk mendukung terwujudnya komitmen Pemkab Pelalawan dalam mengimplementasikan program unggulan daerah agar tercapainya Pelalawan Maju (Adv/Humas)



Editor : Herry

Posting Komentar