-->

Ads (728x90)

Bantu Alkes, Bupati Pelalawan Apresiasi Kemenkes dan APRIL Grup Dukung Program Kesehatan
Bupati Pelalawan H. Zukri, Bupati Kuansing,Bupati Siak, Direktur PT April Grup foto bersama dengan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin lepas menerima Bantuan Alkes (Anton/Realitamedia.com)


By Anton
PELALAWAN, Realitamedia.com
- Menteri Kesehatan Republik Indonesia bersama APRIL Grup  memberikan sejumlah Alat Kesehatan (Alkes) kepada Lokus kerja sama dengan APRIL Grup tiga Kabupaten di Provinsi Riau yakni, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kuansing, di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Berkilau Kelurahan Kerinci Barat, Kecamatan Kerinci Kabupaten Pelalawan, pada Selasa (24/7/2023) lalu.

Selain menyerahkan bantuan Alkes, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia teken nota kesepahaman tiga Kabupaten Lokus kerja sama dengan APRIL Group.

Membangun kemitraan Public-Private Partnership (PPP) Kementerian Kesehatan bersama APRIL Group untuk meningkatkan deteksi dini pelayanan kesehatan primer, dan mendukung program prioritas pemerintah penguatan integrasi layanan kesehatan primer lewat skema Public-Private Partnership (PPP).

Kolaborasi melalui skema PPP ini merupakan yang pertama dilakukan Kementerian Kesehatan bersama APRIL Group, tujuannya untuk meningkatkan Standar Pelayanan Mimimal (SPM) kesehatan  bagi masyarakat, khususnya kesehatan ibu hamil dan anak balita, remaja, usia produktif, lansia, mendorong deteksi dini, dan percepatan rujukan ditingkat pelayanan kesehatan primer melalui pendekatan siklus hidup.

Bantu Alkes, Bupati Pelalawan Apresiasi Kemenkes dan APRIL Grup Dukung Program Kesehatan
Bupati Pelalawan H Zukri (Anton/Realitamedia.com)

Skema PPP bentuk kolaborasi yang dilakukan APRIL Group, meliputi penyediaan lebih dari 800 unit alat kesehatan deteksi dini yang terdiri dari 21 jenis, termasuk alat USG 2D, EKG, Doppler, infant warmer, antropometri, dan alat kesehatan lainnya.

APRIL berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya bentuk pemberian dukungan pelatihan untuk penggunaan alat kepada tenaga kesehatan.

Seluruh alat kesehatan dan pelatihan ditujukan untuk 30 Puskesmas di tiga kabupaten yang berdekatan dengan kegiatan operasional APRIL Group, yakni Pelalawan, Siak, dan Kuantan Singingi dimulai pada 2023 ini.



Pihak pemerintah mendukung penyiapan sistem integrasi layanan primer di tiga kabupaten tersebut yang memperkuat organsiasi pelayanan kesehatan, memperkuat sistem deteksi dan sistem rujukan.

Kerja sama ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara APRIL Group dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diteken di Puskesmas Pangkalan Kerinci II Berkilau, Kabupaten Pelalawan oleh Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sihol Aritonang, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Gubernur Riau Syamsuar dan perwakilan pemerintah tiga kabupaten, serta manajemen APRIL Group saksikan penandatanganan MoU.

“Kolaborasi antara Kementerian Kesehatan bersMa APRIL Group langkah signifikan mewujudkan transformasi kesehatan melalui integrase pelayanan kesehatan primer," kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Pihaknya berharap, kata Budi, upaya ini dapat memperkuat aksesibilitas fasilitas kesehatan di tingkat pelayanan kesehatan primer, khususnya Provinsi Riau.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs Syamsuar juga mengatakan, bahwa komitmen Pemerintah Propinsi Riau memberikan pelayanan kesehatan yang optimal buat masyarakat terus dilakukan, dimana pihaknya mencetus sebuah program berobat gratis di puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah saja dengan modal KTP saja.

” Saat ini juga, pihaknya sudah membuat terobosan baru dengan mendapat restu dari Pemerintah Pusat dengan didirikannya rumah sakit jantung. Dengan adanya rumah sakit tersebut, kita meminta kepada masyarakat Riau tidak usah lagi berobat jauh-jauh. Dengan adanya perhatian serius kita untuk masyarakat, masyarakat sehat dan ekonomi Riau bangkit,”ujarnya.

 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberi kata sambutan (Anton /Realitamedia.com)

Hal senada disampaikan, Bupati Pelalawan H Zukri mengatakan, bahwa pemkab Pelalawan mengapresiasi yang Menteri Kesehatan da  APRIL Group yang sudah mendukung program Pemerintah Kabupaten Pelalawan  dalam bentuk kesehatan. Saat ini masyarakat Kabupaten Pelalawan sudah tidak usah takut lagi berobat ketempat pelayananan kesehatan milik pemerintah,dimana kalau warga berobat baik ke puskesas dan RSUD gratis. Hanya dengan modal KTP asal Pelalawan sudah busa berobat.

” Ya,program yang kita lakukan ini perlu juga mendapat dukungan Pemerintah Pusat, maka dari itu dengan kehadiran Menteri Kesehatan mendapat perhatian untuk kesehatan masyarakat daerah bermotto Tuah Negeri Seita Sekata lebih baik lagi kedepannya,” jelasnya.

Menurut Zukri, total 76 Posyandu dan 1.600 kader Posyandu disiapkan melayani agar kesehatan bergerak dan terus berjalan di Pelalawan.

"Dengan terobosan ini masyarakat Pelalawan 99,12 persen telah terjamin pelayanan kesehatannya. Tinggal 0,78 persen yang belum memiliki jaminan pelayanan kesehatan. Itu cukup bawa KTP pelayanan kesehata diberikan secara gratis," bebernya.

Ini bukti Pemkab Pelalawan sangat komit dan serius memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kita optimis dengan adanya kegiatan ini pelayanan kesehatan lebih optimal di Pelalawan, tandasnya (Advertorial/Anton)




Editor : Herry

Posting Komentar