-->

Ads (728x90)

 

Sebelas Unit Rumah di Pulau Buluh Hangus Terbakar, Seorang Warga Meninggal Dunia
Warga bersama Petugas Damkar sedang berupaya memadamkan api di RT 06, RW 02, Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Batam (Fhoto : Ist)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com – Sembilan unit rumah hangus terbakar dan seorang wanita lanjut usia (lansia) meninggal dunia akibat terpanggang api lantaran terjebak di dalam rumahnya pada Rabu (19/7/2023) sekira pukul 06.00 WIB di RT 06, RW 02, Kelurahan Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Batam.

Begitu mendapat informasi terkait kebakaran tersebut, Walikota Batam, Muhammad Rudi langsung memerintahkan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam untuk memadamkan api yang melalap rumah warga.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan saat ditemui melalui WhatsAppnya, Rabu (19/7/2023) mengatakan petugas Damkar telah melakukan pemadaman api dan sudah menguasai keadaan.

Ia membenarkan akibat peristiwa kebakaran itu, satu orang warga bernama Su Eng berusia 73 tahun meninggal dunia akibat terpanggang api lantaran terjebak di dalam rumahnya.

Rudi menyebut untuk sementara ini berdasarkan laporan yang diterimanya ada 9 unit rumah rusak berat akibat dilalap sijago merah.

“ Saat ini sedang dilakukan pendataan terkait data korban kebakaran oleh Kecamatan Bulang. Selanjutnya kita secara aktif berkolaborasi dan berkerjasama dengan semua pihak yang berada di lokasi untuk menginventarisasi korban kebakaran,” katanya.

Ia menyebut Pemko Batam akan mendirikan posko bencana sesuai kebutuhan, memfasilitasi kebutuhan bahan pokok mendesak lainnya sampai semua korban tertangani dengan baik.

Ia juga menyampaikan arahan dari Walikota Rudi, mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, angin kencang, pohon tumbang, longsor, kebakaran dan lainnya.

Beliau juga mengimbau warga jika mengalami atau menemukan keadaan darurat masyarakat dapat menghubungi layanan respon cepat tanggap Diskominfo Kota Batam di “112”. Atau untuk mengetahui prakiraan cuaca terkini dapat mengakses website milik BMKG di www.bmkg.go.id. (ian)


Editor  : Herry



Posting Komentar