-->

Ads (728x90)

Kapolsek Moro Gelar Jumat Curhat, Ini Saran dan Masukan dari Warga yang Disampaikan Kepadanya
Masyarakat Kecamatan Moro saat menghadiri kegiatan Jumat Curhat yang dipimpin oleh Kapolsek Moro AKP Rizal SH di Kecamatan Moro, Jumat (28/7) (James /Realitamedia.com)

By James
KARIMUN, Realitamedia.com – Polsek Moro komitmen untuk memelihara Siskamtibmas agar tetap aman dan kondusif menjelang HUT RI yang ke 78 tahun 2023 dan tahapan- tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Diharapkan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (FKPK), Kepala Intansi, Lurah/Kades dan RT/RW Kecamatan Moro dapat bersinergi dengan Polsek Moro untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Kecamatan Moro.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolsek Moro AKP Rizal SH saat melaksanakan kegiatan Jumat Curhat di Kecamatan Moro, Jumat (28/7).

Dalam melaksanakan kegiatan Jumat Curhat ini, Kapolsek didampingi personelnya dan turut dihadiri FKPK, Kepala Intansi, Lurah/Kades dan RT/RW Kecamatan Moro.

Selanjutnya Kapolsek mengatakan pihak kepolisian tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan dari masyarakat contohnya peredaran narkotika jika tidak ada informasi dan dukungan masyarakat maka pihaknya akan susah untuk mengungkapnya.

“ Tidak ada toleransi dan ruang gerak bagi pengedar maupun pengguna narkoba di wilayah hukum Polsek Moro,” tegas Kapolsek.

Ia menyebut dalam melaksanakan Jumat Curhat ini, pihaknya juga melaksanakan kegiatan Commander Wish Kapolda Kepri (Program 3 Peningkatan Sinergitas Terhadap semua Elemen masyarakat dalam rangka Binkamtibmas).

Selain untuk silaturahmi, tambah Kapolsek, kegiatan Jumat Curhat dilakukan untuk meminta masukan dan saran dari masyarakat terkait Kamtibmas sebab dengan komunikasi yang baik dapat mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan menjaga situasi Kamtibmas yang aman.

Kemudian Kapolsek mengatakan peran RT/RW sangat diperlukan dalam menjaga Siskamtibmas. Untuk itu diharapkan RT/RW selalu memonitor warganya maupun pendatang – pendatang baru sehingga bisa mendeteksi lebih awal jika ada warga yang melakukan hal-hal  menyimpang atau hal-hal yang negatif bisa diketahui lebih awal dan dapat melaporkannya ke Polsek Moro karena RT/RW adalah ujung tombak untuk membantu menjaga kondusifitas Siskamtibmas.

Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 78, Kapolsek meminta RT/RW agar menyampaikan kepada warganya untuk memasang bendera merah putih di rumahnya masing-masing. 

Selain itu Kapolsek meminta warga tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan dan lahan karena dapat diancam pidana penjara 10 tahun dan denda maksimal Rp 10 milyar, lantaran telah melanggar pasal 108 UU Nomor 32 tahun 2009.

Danramil 02 Moro Kapten Tatang Rohimad yang ikut menghadiri kegiatan Jumat Curhat ini mengatakan pihaknya meminta agar dapat sama-sama mengisi. RT/RW diharapkan dapat membantu tugas-tugas aparat penegak hukum untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif.

Dikatakannya RT/RW merupakan garda terdepan, untuk itu jika ada menemukan hal-hal negative RT/RW agar segera melaporkannya kepada Polsek Moro sehingga cepat ditangani.
Ia juga meminta warga, agar memasang bendera merah putih di rumahnya dalam rangka menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78.

Camat Moro Andri Winarta mengatakan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Moro beserta personilnya yang telah mengadakan silaturahmi dengan kegiatan Jumat Curhat. Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan sekaligus bisa menampung aspirasi atau keluhan – keluhan yang ada di masyarakat.

“Untuk saat ini kondisi di Kecamatan Moro cukup Kondusif, dan Saya selaku Camat Moro berharap sekali kepada RT/RW yang merupakan ujung tombak di pemerintahan untuk menjalankan apa yang telah disampaikan oleh bapak Kapolsek,” katanya.

Sementara, M. Halim perwakilan RT/RW mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Moro yang telah mengadakan kegiatan Jumat Curhat ini sehingga pihaknya bisa menerima arahan dan memberikan masukan.

“Untuk saat ini yang perlu kita antisipasi bersama adalah mengenai kenakalan remaja, masih adanya anak – anak remaja yang menghisap lem, thiner maupun bensin,” ucapnya.

Menyikapi akan hal tersebut, Kapolsek Moro mengatakan terkait kenakalan remaja, ia meminta seluruh orang tua untuk selalu mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari penyalagunaan narkotika. 

“ Sebagai orang tua harus memiliki fungsi dan peran terhadap anak-anak kita sendiri. Karena sekolah hanya mendidik dan mengawasi anak-anak kita pada saat jam sekolah dan anak-anak butuh bimbingan dari orang tua,” katanya. 

Kapolsek juga berharap jika melihat maupun menemukan remaja yang menghisap tinner, bensin maupun ngelem, agar tidak sungkan-sungkan untuk melaporkannya ke Mapolsek Moro agar anak – anak tersebut dibina dan memanggil orang tuanya. (jam) 

Editor : Herry


Posting Komentar