-->

Ads (728x90)

Mendag Zulhas Serahkan Bea Siswa dari BRIN kepada Mahasiswa ITEBA dan BTP
Mendag Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Ansar secara simbolis menyerahkan bea siswa kepada Mahasiswa ITEBA di Kampus Tiban, Kota Batam, Sabtu (17/12) (Fhoto : Diskominfo Kepri)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com – Dalam lawatannya ke Kota Batam, Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan tidak saja memantau stabilitas harga sembako disejumlah pasar, tetapi juga menyerahkan bea siswa secara simbolis kepada mahasiswa dan mahasiswi Institut Teknologi Batam (ITEBA) dan Batam Tourism Polytehcnik (BTP).

Mendag Zulkifli Hasan menyerahkan bea siswa dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu didampingi Gubernur Kepri H Ansar Ahmad di Kampus Tiban, Kota Batam, Sabtu (17/12).

Sebelum menyerahkan bea siswa, Mendag Zulkifli Hasan dalam sambutannya memberi motivasi kepada seluruh civitas akademika, untuk nantinya bisa menjadi wirusaha yang profesional ke depannya.
 
Menurut Zulkifli Hasan, pasca hantaman krisis pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, ditambah perekonomian global yang saat ini tidak menentu, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara umum masih tumbuh dalam tren yang positif, khususnya di kwartal III tahun 2022, masih terus tumbuh diangka yang positif yakni pada kisaran 5,72 persen.

Dikatakannya Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Perdagangan terus melakukan berbagai langkah dan terobosan. Salah satunya dengan terus menembus pasar dunia. Utamanya ke wilayah - wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan juga Afrika. 

Bahkan, kata pria yang akrab disapa Zulhas ini, Kementrian Perdagangan juga melakukan perjanjian perdagangan strategis, dengan negara-negara tersebut, di mana Indonesia nantinya, akan melakukan ekspor dagang jenis non pasar tradisional. Dimana ekspor dagang tersebut, dilakukan dengan cara bebas bea.

Menurutnya untuk penguatan sektor perdagangan di dalam negeri sendiri, Indonesia masih dengan terus memperkuat 4 pilar perekonomian. Yakni penguatan sektor UMKM, sektor market place, sektor retail perdagangan modern dan sektor perbankan.
 
Dihadapan civitas akademika, politisi Partai PAN tersebut juga berbagi kiat sukses. Utamanya bagaimana bisa meraih kesuksesan di usia muda, yakni usia 20 tahunan. Keberhasilan, salah satunya ditandai dengan telah memiliki bisnis dan usaha sendiri.
 
"Kunci keberhasilan di usia muda, diantaranya mengembangkan bakat keunggulan yang dimiliki, untuk berani bersaing dan memenangi setiap kompetisi yang ada. Agar cita -cita dan keinginan bisa diwujudkan menjadi kenyataan" kata Mendag Zulhas dikutip laman Diskominfo Kepri. (ian)

Editor : Heri

Posting Komentar