-->

Ads (728x90)

 

Tingginya curah hujan membuat sebagian wilayah Kabupaten Natuna dilanda banjir. Banjir setinggi betis orang dewasa mengenangi puluhan rumah yang terletak di wilayah Ranai Darat, Kelurahan Ranai Kota, Kabupaten Natuna
Wilayah Ranai Darat, Kelurahan Ranai Kota, Kabupaten Natuna tergenang banjir setinggi betis orang dewasa, Rabu (14/12/2022) (Fhoto : Rusdi Handika /Realitamedia.com)

By Rusdi Handika

NATUNA, Realitamedia.com  - Tingginya curah hujan membuat sebagian wilayah Kabupaten Natuna dilanda banjir. Banjir setinggi betis orang dewasa mengenangi puluhan rumah yang terletak di wilayah Ranai Darat, Kelurahan Ranai Kota, Kabupaten Natuna.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Raja Darmika saat dihubungi di Natuna, Rabu (14/12/2022) mengatakan berdasarkan analisa sementara banjir terjadi karena intensitas curah hujan yang tinggi serta kurangnya daya serap di wilayah gunung Ranai yang menyebabkan air tercurah ke Sungai Ranai.

"Hal inilah yang menyebabkan Sungai Ranai meluap dan membanjiri beberapa wilayah," ujar Raja Darmika.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, selain di wilayah Ranai Darat bajir juga terjadi di wilayah Air Lebai, wilayah Batu Hitam, Jalan HR. Soebrantas, Batu Ampar, Pering dan Desa Sebadai Hulu.

Ia menyebut wilayah yang paling terdampak banjir adalah di wilayah Ranai Darat, Kelurahan Ranai Kota, karena posisinya paling dekat dengan gungung Ranai.

“ Saat ini kami bekerjasama dengan pihak Basarnas, TNI-Polri dan pihak-pihak terkait membantu mengevakuasi para korban dan barang-barang penting milik korban,” katanya.

Pihaknya akan menghitung jumlah korban, kerugian materi serta menyiapkan tempat pengungsian sementara untuk para korban.

Selain itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan beberapa penginapan untuk dapat menempatkan sementara para korban serta akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Basarnas dan TNI-Polri untuk membantu dan siaga karena kemungkinan hal seperti ini bisa terjadi lagi. (Rus)


Editor : Heri



Posting Komentar