-->

Ads (728x90)

Harga Sayur Mayur di Pasar Sagulung Masih Normal Kecuali Sayur Produksi Batam Merangkak Naik
Lina pedagang sayur mayur di Pasar Sagulung Batuaji Batam Minggu (18/12/2022) (Fhoto : Parulian/realitamedia.com)

By Parulian


BATAM, Realitamedia.com
–  Pada H-7 menjelang hari Natal harga sayur mayur di Pasar Sagulung Batuaji, Batam masih normal, kecuali sayur-mayur produksi Batam seperti bayam, kangkung dan timun harganya merangkak naik, kenaikannya berkisar Rp 3 ribu,- hingga 10 ribu,- perkilogramnya.

Seperti disampaikan oleh Lina Sitinjak salah seorang pedagang sayur-mayur di Pasar Sagulung saat ditemui di lapaknya, Minggu (18/12/2022) mengatakan harga bayam saat ini Rp 18 ribu,- perkilogram sebelumnya dijual dengan harga Rp 8 ribu,- Kangkung saat ini harganya Rp 18 ribu,- sebelumnya dijual dengan harga Rp 15 ribu,- perkilogramnya.

“ Bayam naik Rp 10 ribu,- dari Rp 8 ribu,- menjadi Rp 18 ribu,- perkilogamnya sedangkan kangkung naik Rp 3 ribu perkilogramnya dari Rp 15 ribu.- kini dijual dengan harga Rp 18 ribu,- perkilogramnya,” katanya.

Melonjaknya harga bayam dan kangkung itu, disebabkan sejak sebulan yang lalu curah hujan di Batam tinggi mengakibatkan produksi petani di Batam menurun bahkan ada yang gagal panen lantaran sayur yang ditanam petani busuk akibat terendam banjir.

Berbeda dengan timun yang juga produksi dari Batam harganya turun Rp 3 ribu,- perkilogramnya. Semula dijual dengan harga Rp 16 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 13 ribu,-

“ Harga timun sempat haganya melonjak kami jual Rp 16 ribu,- perkilogramnya, beruntung sekitar seminggu yang lalu masuk dari Jambi dan harganya cukup murah. Kami bisa menjualnya Rp 13 ribu,- perkilogramnya,” kata Lina. 

Sedangkan cabe merah harganya turun dari Rp 63 ribu,- kini dijual Rp 58 ribu,- perkilogramnya. Harga cabe rawit juga turun, dari Rp 60 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 58 ribu,- Demikian juga dengan cabe hijau harganya turun Rp 10 ribu,- perkilogramnya dari Rp 50 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 40 ribu,- perkilogram.

Turunnya harga cabe itu disebabkan masuknya pasokan dari Aceh dan sangat membantu sehingga pasokan cabe di Batam tidak berkurang dan harganya tetap normal.

“ Di Aceh saat ini panen raya mas, sehingga banyak dipasok oleh distributor ke Batam,” katanya.

Selain cabe, harga bawang merah juga turun dari Rp 46 ribu,- menjadi Rp 43 ribu,- Wortel pasokan dari medan juga turun dari Rp 20 ribu,- kini dijual dengan harga Rp 18 ribu,- perkilogramnya. (ian)

Editor : Heri

Posting Komentar