-->

Ads (728x90)

Bupati Surya Pastikan Ketersedian Bahan Pokok di Asahan Hingga Nataru Cukup
Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan bersama TNI Polri dan Instansi Terkait saat Sidak di Gudang Bulog Kisaran, Selasa (20/12/2022) (Fhoto : Osten/Realitamedia.com)

By Osten


ASAHAN, Realitamedia.com –  Bupati Asahan H Surya Bsc pastikan ketersedian bahan pokok di Kabupaten Asahan hingga Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 cukup memadai dan harganya masih normal.

Hal itu disampaikan Bupati Surya melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian, M Azmy Ismail kepada wartawan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak),  harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di Gudang Bulog, Selasa (20/12/22).

Dari hasil sidak di Gudang Bulog tersebut, katanya, ketersedian stok beras saat ini ada 200 ton, stok gula 5 ton dan stok minyak goreng 17.000 liter.

“ Jadi stok ketersedian beras, gula dan minyak goreng saya rasa relative cukup hingga Nataru nanti dan harganya masih normal,” katanya.

Azmy melakukan sidak bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan dan Danramil 06/Kisaran, Perwakilan dari Polres Asahan, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Kopdagin, Dinas Kesehatan Satpol PP, Bagian Perekonomian, Badan Urusan Logistik (Bulog) Badan Statistik Kabupaten Asahan, Camat Kota Kisaran Barat dan Camat Kota Kisaran Timur.

Sidak itu mereka lakukan atas instruksi dari Bupati Asahan, untuk memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok agar tidak terjadi kenaikan harga yang melonjak di luar batas khususnya menyambut Nataru 2023 yang tinggal sebentar lagi.

Selain melakukan sidak di Gudang Bulog, Tim Satgas Ketahanan Pangan juga melakukan sidak ke kilang padi dan sejumlah pasar seperti Pasar Kartini dan Pasar Inpres 2.

“ Dari pantauan kami hingga saat ini tidak ada lonjakan harga yang signifikan dari beberapa kebutuhan pokok yang dijual di pasar,” kata M Azmy Ismail.

Secara rinci Azmy menjelaskan harga bahan pokok yang dijual pedagang dengan harga yang relatif normal seperti harga daging ayam berkisar Rp. 24.000 - Rp. 25.000 per kilogram dan daging sapi Rp. 130.000 per kilogram.

Harga beras juga masih normal, seperti beras premium harganya berkisar Rp. 13.000 per kilogram, beras medium berkisar Rp. 11.000 per kilogram.

Demikian dengan minyak goreng masih dijual dengan harga Rp. 17.000 per liter, gula pasir berkisar Rp. 13.000 - Rp. 14.000 per kilogram dan telur ayam Rp. 53.000 per papan. 

Harga cabe juga masih normal, seperti cabe merah harganya berkisar Rp. 40 ribu,- hingga  Rp. 42 ribu,- per kilogram, cabe kecil/rawit harganya masih bertahan Rp. 50 ribu,- per kilogram, bawang merah juga masih normal dijual dengan harga Rp. 36 ribu,- per kilogram dan bawang putih Rp. 28 ribu,- per kilogram.  (Ten)

Editor : Heri

Posting Komentar