-->

Ads (728x90)

140 Penambang Pompong Mendapat Sertifikasi Kapal dan Awak Kapal dari KSOP Tanjungpinang
Kepala KSOP Tanjungpinang Benyamin Ginting bersama penambang pompong yang mendapat Sertifikasi dari KSOP Tanjungpinang di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kamis (15/12/2022) (Fhoto : Parulian/Realitamedia.com)

By Parulian

NATUNA, Realitamedia.com –  Sebanyak 140 penambang pompong yang ada di Pulau Penyengat, Kampung Bugis dan Senggarang mendapat sertifikasi kapal dan awak kapal dari Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang

Sertifikasi kapal dan awak kapal itu diserahkan langsung oleh Kepala KSOP Tanjungpinang Benyamin Ginting kepada penambang kapal di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kamis (15/12/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPR RI asal Kepri Cen Sui Lan, pimpinan dan pegawai KSOP.

Kepala KSOP Tanjungpinang Benyamin Ginting saat ditemui awak media disela-sela kegiatan tersebut mengatakan sertifikasi itu diberikan setelah para penambang pompong tersebut mengikuti pelatihan dan mendapatkan sosialisasi mengenai keselamatan transfortasi laut.  

“ Penyerahan sertifikasi untuk kapal dan awak kapal tradisional pompong ini merupakan tanggungjawab pemerintah dalam menjaga keselamatan bagi penumpang,” katanya.

Menurutnya dalam menjaga keselamatan penumpang penting untuk dilakukan sertifikasi karena berhubungan dengan nyawa orang.

“ Oleh karena itu, jika tidak ada sertifikasi kapal maupun awak kapal maka tidak ada jaminan keselamatan karena kapalnya tidak diperiksa kelayakan beroperasi oleh petugas,” katanya
.
Ketua Asosiasi Penambang Pompong Pulau Penyengat, Razali mengatakan selain sertifikasi kapal ada juga sertifikasi pengemudi kapal karena yang bersangkutan harus mengerti aturan berlayar dan memahami situasi dan kondisi cuaca.

Ia berharap dengan tersertifikasinya kapal dan awak kapal ini dapat menjamin keselamatan penumpang dalam berlayar. (ian)

Editor : Herry


Posting Komentar