-->

Ads (728x90)

Ini Capaian Kinerja dari Imigrasi Karimun Sepanjang Tahun 2022
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Lutfi saat memimpin konfersi pers terkait Capaian Kinerja Tahun 2022 di Aula Kanim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Kamis ( 29/12/2022) (Foto : James/Realitamedia com) 

By James 


KARIMUN, Realitamedia com - Dari bulan Januari hingga 25 Desember 2022 kemarin,  Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun telah menerbitkan pasport sebanyak 17.284 buku. Sedangkan, jumlah perlintasan di TPI dari bulan Januari hingga 25 Desember 2022 untuk kedatangan Warga Negara Asing (WNA) sebanyak 22.969 orang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Lutfi saat memimpin konfersi pers terkait Capaian Kinerja Tahun 2022 yang digelar di Aula Kanim Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun, Kamis ( 29/12/2022).

Dalam memimpin konfersi pers itu, Lutfi didampingi oleh Kasi Intelijen dan Penindakan Fajri Dirgantara, Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Sophian Kasim Sani dan Kasi Lalu Lintas dan Izin Tinggal Ahmad Triesna Yandra.

Lebih lanjut Lutfi menjelaskan untuk keberangkatan WNA sebanyak 22.254 orang, kemudian untuk kedatangan Warga Negara Indonesia (WNI) sebanyak 103.615 orang dan keberangkatan WNI sebanyak 123.966 orang.

“ Dengan adanya kebijakan dari Pemerintah Pusat terhadap kelonggaran aturan dalam penanganan Covid-19, membuat arus perlintasan melalui Pelabuhan International Tanjung Balai Karimun cukup meningkat drastis,'' jelasnya.

Lanjutnya, untuk tindakan keimigrasian dan penyidikan atau projustisia pihaknya telah mendeportasi sebanyak 14 orang sesuai dengan pasal 75 UU no 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian. Umumnya yang deportasi rata-rata WNA Singapura dan Malaysia lantaran jalur international dimasing-masing negara belum ditutup.

" Sewaktu pandemi Covid-19 dua tahun lalu ada 14 orang WNA asal Singapura dan Malaysia yang tidak bisa pulang ke negaranya. Jadi pada tahun ini kita deportasi mereka ke negaranya,” ungkapnya.

Untuk jumlah penerbitan Izin Tinggal Keimigrasian (ITK) ada 100 orang. Kemudian,  untuk Izin Tinggal Terbatas (ITAS) baru ada 167 orang, ITAS perairan baru 61 orang, ITAS perpanjangan 271 orang, ITAS perairan perpanjangan 142 orang, Izin Tinggal Tetap (ITAP) baru dan perpanjangan 2 orang.

" Untuk penerbitan ITK paling banyak WNA dari Cina, Malaysia, Singapura, Italia dan India. Sedangkan penerbitan ITAS mayoritas dari negara India, Filipina, Italia, Malaysia dan Spanyol,'' ujarnya.

Selain itu, kata dia,  pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang M-Paspor, tarif izin tinggal, pelayanan hukum keimigrasian, pelayanan imigrasi pada Karimun EXPO. 

Kemudian, layanan Eazy Paspor yang telah dilaksanakan di Tanjung Batu Kundur, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kantor Pengadilan Agama, layanan paspor masuk desa Tanjung Batu Kundur.

" Kita juga, melakukan layanan paspor simpatik pada instansi mulai dari komunitas kelenteng Meral, BC, KSOP dan Muhammadiyah,'' ucapnya.

Terkait anggaran, di tahun 2022 ini Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Balai Karimun anggaran Dipanya sebesar  Rp7.240.391 miliar,-  yang telah terealisasi mencapai 97,21 persen atau sebesar Rp7.038.371.249,- 

Sedangkan realisasi penerimaan ke negara mencapai Rp.8.652.843.999, paling besar penerimaan bersumber dari pembuatan paspor dan izin keimigrasian dan masuk kembali.  (jam).

Editor : Herry

Posting Komentar