-->

Ads (728x90)

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq menerima Penghargaan IGA 2022 Kemendagri dari Ketua Tim IGA, Tri Widodo Wahyu Utomo di Kantor Bupati Karimun, Kamis (1/12) (Foto : Diskominfo Karimun)
By James

KARIMUN, Realitamedia com - Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S. Sos M.Si menerima kunjungan Tim Validasi Penilaian Innovation Government Award (IGA) 2022 Kemendagri di Kantor Bupati Karimun, Kamis (01/12/2022).

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri. Penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2022 merupakan salah satu cara untuk melaksanakan pengukuran indeks inovasi daerah. 

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq bersama Ketua Tim IGA Tri Widodo Wahyu Utomo dan pejabat teras Pekab Karimun di Kantor Bupati Karimun, Kamis (1/12) (Foto : Diskominfo Karimun)

Mengutip dari Pedoman Umum Penilaian dan Pemberian Penghargaan Innovative Government Award & Penjelasan Teknis Indikator Indeks Inovasi Daerah, kegiatan penilaian inovasi daerah ini dimaksudkan agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan antar pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga dapat diwujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan, guna terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menjelaskan Karimun mempresentasikan dua Inovasi yaitu DUTA PENSI sebagai penanganan Covid dan juga percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Karimun dan ARAH-KAN (Ayo Realisasikan Administrasi Harmonis Perikanan) merupakan aplikasi pelayanan dibidang perikanan berbasis online, aplikasi ini terdapat beberapa pelayanan seperti pelayanan Administrasi Kenelayanan, Adminsitrasi seputar budidaya ikan, Pelayanan Produksi dan pelayanan Subsidi Pemerintah.

"Sistem aplikasi kita ini sudah dianggap baik, dan kalau kita menjadi terbaik akan menjadi percontohan secara nasional nantinya," katanya dalam keterangan resmi yang disampaikan kepada Realitamedia.com, Jumat (2/12/2022).

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan keunggulan aplikasi tersebut sebagai kemudahan pelayanan kepada masyarakat seperti pengurusan surat izin kapal, surat rekomendasi BBM dan pelayanan lainnya.

"Dengan sistem aplikasi ini mereka dari jauh bisa membuat surat rekomendasi BBM tanpa harus ke Karimun." ujarnya

Bupati Karimun H. Aunur Rafiq bersama Ketua Tim IGA Tri Widodo Wahyu Utomo dan pejabat teras Pekab Karimun di Kantor Bupati Karimun, Kamis (1/12) (Foto : Diskominfo Karimun)

Sementara itu, Tim Innovation Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri Dr. Tri Widodo Wahyu Utomo, SH, MA yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administasi Negara (KKIAN) LAN RI, mengatakan Kabupaten Karimun masuk nominasi untuk menerima Daerah terinovatif dalam pelayanan publik, maka dari itu kami melihat seperti apa praktek pelayanan yang ada  di Kabupaten Karimun.

"Inovasinya memang luar biasa, di puskesmas itu ada konsep kolaborasi antara Government/pemerintah dan juga Private Sektor atau Corporate untuk mendorong pelayanan kesehatan bagi masyarakat. sementara di dinas perikanan memberikan pelayanan yang real time kepada nelayan atau kelompok usaha, dimana menghemat biaya didalam pelayanan publiknya," ungkapnya

"Kabupaten Karimun kini sudah mampu melakukan terobosan-terobosan untuk melakukan pelayanan publik yang terbaik," lanjutnya

Ia menyebut ada 40 Provinsi Kabupaten/Kota yang masuk nominasi penerima Innovative Government Award, 12 diantaranya Kabupaten dari seluruh Indonesia.

"Jadi ini prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Karimun, dari 500 lebih Kabupaten di seluruh Indonesia Kabupaten Karimun salah satu yang terbaik,"tutupnya (jam) 

Editor : Herry

Posting Komentar