-->

Ads (728x90)

Kapolres Pringsewu bersama satuan lalu lintas saat menggelar razia penertiban kendaraan di Tugu gajah Pringsewu. (Iwan/realitamedia)


Pringsewu, Realitamedia.com -  Aparat Kepolisian Polres Pringsewu menggelar operasi keselamatan di ruas Jalan Lintas Barat Sumatera tepatnya di Simpang Tugu Gajah Pringsewu pada Kamis (14/3/2024). Kegiatan ini dipimpin langsung kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya.


Upaya kepolisian dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas ini juga melibatkan petugas dari Dinas Perhubungan, Jasa raharja dan UPTD Bapenda Pringsewu.


Dalam operasi ini, pengendara yang melintas di lokasi diberhentikan secara selektif untuk diperiksa kelengkapan administrasi seperti KTP, SIM, dan STNK, serta perlengkapan kendaraan seperti plat nomor polisi, knalpot, spion, dan penggunaan helm standar Indonesia.


Bagi pengendara yang terbukti melakukan pelanggaran, polisi memberikan teguran secara simpatik dan edukasi pentingnya tertib berlalu lintas. Sedangkan untuk pengemudi yang tertib, memiliki SIM, membawa KTP, SIM, memakai helm dan komponen kendaraan terpasang lengkap maka petugas memberikan reward berupa Helm gratis, kalender hingga pin keselamatan.


AKBP Benny Prasetya mengatakan bahwa kegiatan ini bagian dari Operasi Keselamatan Krakatau 2024. Operasi ini berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 4-17 Maret 2024. Ia menyebut, selama berlangsungnya operasi telah menindak 1310 pelanggar lalu lintas. 


Menurut Benny, jumlah pelanggaran terbanyak untuk kategori kendaraan roda dua adalah tidak menggunakan helm berstandar SNI, tidak memiliki SIM, dan penggunaan knalpot yang tidak sesuai spekted


“Sedangkan untuk kendaraan roda empat, pelanggaran terbanyak adalah tidak menggunakan sabuk pengaman dan membawa muatan berlebih,” ungkap AKBP Benny Prasetya pada awak media usai memimpin operasi keselamatan di simpang tugu gajah pringsewu pada Kamis (14/3/2024) siang.


AKBP Benny berharap setelah pelaksanaan operasi keselamatan, masyarakat semakin tertib berlalu lintas. Dengan tumbuhnya disiplin masyarakat dalam berkendara orang nomor satu ini juga berharap dapat menekan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Pringsewu. (Iwan)

Posting Komentar