-->

Ads (728x90)

Gubernur Kepri Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Karimun Tahun 2024
Gubernur Ansar bersama Bupati Karimun dan Forkopimda Karimun saat Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024 di Nilam Sari Kantor Bupati.Rabu (20/3/2024) (James /Realitamedia.com)

By James

KARIMUN, Realitamedia.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024 pada Rabu (20/3/2024) di Nilam Sari Kantor Bupati.

Musrenbang ini juga dihadiri oleh Bupati Karimun H. Aunur Rafiq, Wakil Bupati (Wabup) Karimun H Anwar Hasyim, para  Forkopimda, OPD  Kabupaten Karimun.

Musrenbang tahun 2024 ini akan digelar selama dua hari, dari tanggal 20 Maret hingga 21 Maret 2024.

Tema yang diangkat oleh Pemkab Karimun di Musrenbang kali ini adalah " Peningkatan pembangunan infrastruktur  dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang didukung oleh tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien"

Pemkab Karimun Gelar Musrenbang yang Dibuka Gubernur Kepri
Gubernur Kepri H Ansar Ahmad memukul gong saat membuka Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Karimun tahun 2024  di Nilam Sari Kantor Bupati, Rabu (20/3/2024) (Ist/Realitamedia.com)


" Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten Kota merupakan bagian dari dasar dilaksanakannya Musrenbang tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan 27 Maret nanti. Selanjutnya hasil Musrenbang tingkat Provinsi kemudian Musrenbang Nasional pada April mendatang," kata Gubernur Ansar mengawali sambutannya

Menurut Gubernur Ansar sudah semestinya Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menyelenggarakan Musrenbang selalu mengacu pada indikator perkembangan makro yang terjadi pada Pemerintah Provinsi Kepri, baik terkait pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan per kapita,  angka kemiskinan, angka pengangguran, dan IPM.

“Alhamdulillah semua indikator makro di Kepri tercatat cukup baik, semuanya kita mendapatkan rapor biru. Terkait gene ratio dan jumlah kunjungan wisatawan juga cukup bagus dengan mengalami kenaikan saat ini pasca recovery yang kita lakukan. Dan ini harus kita pertahankan, bahkan ditingkatkan,” katanya..

Pemkab Karimun Gelar Musrenbang yang Dibuka Gubernur Kepri
Gubernur Ansar (kiri) bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Kepala Baperlitbang Kabupaten Karimun, Fajar Harizon usai membuka Musrenbang Tingkat Kabupaten Karimun di Nilam Sari Kantor Bupati, Rabu (20/3/2024) (Ist/Realitamedia.com)


Gubernur Ansar mengapresiasi Pemkab Karimun karena dari paparan kinerja berdasarkan indikator makro, Pemkab Karimun juga rata-rata berhasil mencapai prestasi yang baik.

“Angka-angka keberhasilan Pemkab Karimun dalam membangun yang dipaparkan tadi adalah nyata adanya. Sehingga saya kira tidak ada yang bisa memungkiri capaian-capaian itu,” kata Ansar.

Masyarakat juga diminta untuk memahami hal tersebut bahwa pemerintah telah kerja sungguh-sungguh yang hasilnya ditunjukkan dengan angka-angka yang menggembirakan. Ditambah lagi, kata Ansr, sejauh ini Pemkab Karimun dinilai sangat kooperatif sehingga mudah untuk saling berkoordinasi.

“Untuk membangun daerah ini kita harus bersama-sama, tidak mungkin sendiri-sendiri. Alhamdulillah sejauh ini Pemkab Karimun termasuk daerah yang cukup kooperatif untuk berkoordinasi. Sehingga kita bisa rangkul untuk sama-sama mencari tambahan anggaran ke pusat agar ketertinggalan pembangunan di daerah bisa kita gesa bersama-sama,” ujar Ansar.

Menurut Gubernur, membangun Kepri yang relatif luas dengan APBD yang relatif kecil tentu tidak mudah. Oleh sebab itu Ansar mengajak semua unsur Pemerintah dan elemen masyarakat bisa bersama-sama salin bahu-membahu. Selain itu meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota menerapkan kebijakan tight money polici atau penghematan anggaran dengan mendahulukan kegiatan yang skala prioritas.

“Khusus untuk di Karimun saat ini kita sedang menyelesaikan perpanjangan landasan bandara. Insya Allah tahun ini landasan bandara Karimun yang sebelumnya 1800 meter selesai diperpanjang menjadi 2000 meter. Sehingga pesawat berbadan besar bisa mendarat disini nantinya. Selain itu juga pengoperasian gedung workshop/BLK, tahun ini juga ada tambahan anggaran dari Menaker RI dan segera akan diresmikan,” kata Ansar.

Pemkab Karimun Gelar Musrenbang yang Dibuka Gubernur Kepri

Ia menyebut tema pembangunan tahun 2025 mendatang, adalah optimalisasi potensi sumberdaya alam secara berkelanjutan dalam akselerasi peningkatan ekonomi kerakyatan. Untuk itu, melalui Musrenbang kita harus terus berinovasi dalam upaya mewujudkannya

Sementara itu Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam kesempatan ini menyampaikan terimkasih kepada Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad karena dengan keterlibatan Gubernur Ansar, tahun ini Pemkab Karimun bisa mendapatkan alokasi dana dari pusat hingga ratusan miliar.

Selama tahun 2023 dijelaskan Bupati Rafiq, sedikitnya tambahan dana yang masuk ke Kabupaten Karimun, baik bersumber dari APBD Kepri maupun dari APBN total keseluruhan mencapai Rp386 miliar.

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan terimakasih kepada bapak Gubernur. Karena berkat campur tangan pak Gubernur, tahun 2023 lalu banyak sekali dana yang masuk ke Karimun dari pusat. Sedikitnya sepanjang 40 kilometer jalan terbangun, bandara, gedung workshop dan lain-lain,” kata Rafiq.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Daerah ( Baperlitbang ) Kabupaten Karimun, Fajar Harizon, menyampaikan pada tahun 2025 ada beberapa usulan yang menjadi skala prioritas pembangunan. Dimana pembiayaannya melalui sumber pendanaan APBN dan APBD Provinsi Kepri

” Sumber pendanaan dari APBN pagu usulan sebesar Rp 310.383.525.522,- dan pendanaan dari APBD Provinsi Kepri pagu usulan sebesar Rp 449.681.513.486,- ,” pungkasnya. (Advetorial / Jam)


Editor : Patar



Posting Komentar