-->

Ads (728x90)

Hadiri Program Cinta Muallaf Baznas Kepri, Bupati Natuna Himbau Masyarakat Bayar Zakat
 Bupati Natuna Wan Siswandi saat membuka kegiatan Program Cinta Muallaf, Rabu (25/10/2023) (Budi Dharma / Realitamedia.com)


By Budi Sianipar

NATUNA -  Realitamedia.com - Bupati Natuna, Wan Siswandi secara resmi membuka kegiatan Program Cinta Muallaf, yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Ranai, Natuna, Rabu (25/10/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Wan Siswandi menyampaikan bahwa zakat merupakan salah satu ibadah wajib ditunaikan bagi umat Islam. Pasalnya, membayar zakat termasuk dalam 5 rukun Islam.

Terlebih menurut dia, zakat sendiri menjadi salah satu penyempurna bagi ibadah-ibadah wajib lainnya.

Hadiri Program Cinta Muallaf Baznas Kepri, Bupati Natuna Himbau Masyarakat Bayar Zakat

"Zakat itu masuk dalam lima rukun Islam, artinya zakat itu ibadah yang wajib dilakukan. Kalau kita tinggalkan merupakan dosa basar," kata Wan Siswandi.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada masyarakat Natuna khususnya yang beragama Islam untuk membayar zakat.

"Kalau kita ada duit, punya penghasilan, tolong bayarkan zakatnya," imbuhnya.

Bupati Natuna menghimbau kepada seluruh pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, untuk mengeluarkan zakat penghasilan mereka.

Hadiri Program Cinta Muallaf Baznas Kepri, Bupati Natuna Himbau Masyarakat Bayar Zakat


Selain itu, sambung dia, sejak ia dilantik sebagai Bupati Natuna, ia langsung memberikan instruksi kepada seluruh ASN, untuk dapat bersedekah beras satu kilogram per orang perbulan.

Beras tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat Natuna, yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan.

"Tapi itu hanya sebatas infak, bukan zakat. Infak itu boleh kita lakukan, boleh tidak. Kalau zakat itu wajib hukumnya," terang Bupati Natuna.

Sementara itu Ketua Baznas Kepri, dr. Fauzi, menjelaskan, bahwa kegiatan program Cinta Muallaf ini, telah dilaunching oleh Baznas Kepri di 7 Kabupaten Kota se-Kepri.

"Muallaf itu harus kita rangkul, karena kita memiliki satu tujuan dan pandangan yang sama. Sehingga hidup kita bisa menjadi suri tauladan. Muallaf itu jadi cerminan sebagai insan pilihan yang dibuka hatinya oleh Allah SWT," tutur Fauzi.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, karena telah mendukung setiap program yang dilaksanakan oleh Baznas Kepri.

"Bahkan dari kegiatan yang kami lakukan sebelumnya, hanya Bupati Natuna yang hadir langsung di acara ini. Selebihnya hanya dihadiri oleh Sekda atau Asistennya. Namun di Natuna Bupatinya langsung yang hadir," kata Fauzi.

Dalam kegiatan tersebut, Baznas Kepri juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada para Muallaf yang ada di Natuna. Di antaranya penyaluran zakat bagi muallaf, bantuan pengembangan usaha dan bantuan konsumtif. 

(Bu)

Editor : Herry

Posting Komentar