-->

Ads (728x90)

 

Dihadiri Amsakar Achmad, Bupati Lingga Resmikan Pemanfaatan SPAM Desa Sungai Buluh
Bupati Lingga M Nizar bersama Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad dan Forkopimda Lingga meninjau tangki air SPAM Desa Sungai Buluh, Senin (16/10/2023) (Jhoni/Realitamedia.com).


By Jhoni
LINGGA, Realitamedia.com
– Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menghadiri peresmian dan pemanfaatan Sistem Pemanfaatan Air Minum (SPAM) Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, Senin (16/10/2023).

SPAM Desa Sungai Buluh tersebut diresmikan Bupati Lingga M. Nizar didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha dan dihadiri oleh Kadis PUTR Kabupaten Lingga Novrizal dan Bidang terkait, Camat Singkep Barat Febrizal Taufik dan Perangkat Kecamatan, Lurah Sungai Raya, Ketua DPRD Kabupaten Lingga Ahmad Nashiruddin, Forkopimda dan masyarakat Desa Sungai Buluh.

Untuk diketahui, pembangunan SPAM Desa Sungai Buluh ini menggunakan dana alokasi khusus tahun 2022 lalu tersebut. SPAM tersebut berjarak sekitar 1,1 kilometer dari sumber air ke tangki dan dari tangki ke desa berjarak sekitar 4 kilometer.

“Alhamdulillah hari ini, yang ditunggu-tunggu masyarakat Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat dapat terlaksana, yaitu Peresmian Pemanfaatan SPAM Desa Sungai Buluh,” kata Bupati Nizar mengawali sambutannya.

Dia menjelaskan, untuk penggunaan anggaran sudah dimulai tahun 2022 lalu melalui anggaran dana alokasi khusus dari Kementerian PUPR, untuk dinas teknisnya di Dinas PUTR Kabupaten Lingga.

Bupati Nizar menambahkan ditahun 2023 ini, pada awal tahun sudah dianggarkan bersama DPRD sebesar Rp 2,2 miliar dan disokong lagi dengan Dana Desa sebesar Rp200 juta untuk SR (jaringan perpipaan sambungan rumah) sampai ke rumah masyarakat dan sudah tercover untuk keseluruhan rumah masyarakat di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat.

“Alhamdulillah, semoga pekerjaan yang telah dilakukan ini dapat bermanfaat,” harapnya.

Setelah peresmian ini pihak dari Kecamatan Singkep Barat, Desa dan BPD serta masyarakat Sungai Buluh diharapkan untuk duduk bersama terkait kelanjutan pengelolaan SPAM tersebut agar selalu terawat dan terjaga.

Dipenghujung acara ini, Bupati Nizar dan rombongan meninjau langsung lokasi tangki air di atas bukit dan mencoba air dari kran disalah satu rumah warga. (JH)


Editor : Herry

Posting Komentar