-->

Ads (728x90)

5000 Santri dan Santriwati TPQ Karimun Ikuti Pawai yang Dilepas Bupati Karimun
Peserta Pawai yang dilepas Bupati Aunur Rafiq di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Minggu (29/10/2023) (James/Realitamedia.com)

By James

KARIMUN, Realitamedia.com
– Ribuan Satri dan Santriwati mengikuti Pawai Hari Santri yang digelar Badan Musyawarah Pengurus Guru Badan Musyawarah Pengurus Guru (BMPG) TPQ Kabupaten Karimun dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2023.

Peserta Pawai ini dilepas Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Minggu (29/10/2023).

Walau diguyur hujan, tidak menyurutkan Satri dan Santriwati mengikuti Pawai ini. Mereka membawa spanduk dan memakai baju Islami dan mengumandangkan sholawat Nabi menambah kemeriahan pawai Hari Santri yang diikuti 5000 orang santri dan santriwati TPQ dari tiga kecamatan yang ada di Karimun.

Tujuan Pawai ini digelar untuk memberi motivasi dan semangat belajar bagi para santri dan santriwati, serta untuk memberi dorongan kepada orang tua santri dalam menghidupkan syiar agama Islam di Kabupaten Karimun, sesuai dengan Azam Kabupaten Karimun, yakni Iman dan Taqwa.

Usai melepas peserta Pawai, Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada wartawan mengatakan Pemerintah Karimun menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Pawai yang dilakukan oleh Pengurus TPQ BMPG TPQ Kabupaten Karimun.  

"Peringatan Hari Santri tahun ini diharapkan memberi motivasi semangat belajar bagi para santri serta untuk dorongan kepada wali murid untuk menimba ilmu agama,” ucapnya

Dengan digelarnya Pawai Hari Santri ini, Bupati Karimun berharap dapat menciptakan para Santri dan Santriwati sholeh dan sholeha menjadi penerus membangun Kabupaten Karimun.
" Mereka merupakan generasi penerus estafet kepemimpinan untuk memimpin Kabupaten Karimun ke depannya," ucap Rafiq.

Dikesempatan lainya Ketua Panitia Pelaksana Pawai Hari Santri DPC BMPG Zaini mengatakan kegiatan pawai tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari santri tahun 2023.

"Kegiatan ini sangat istimewa, karena sudah beberapa tahun tidak dilaksanakan, Alhamdulillah tahun ini dapat dilaksanakan. Semoga dengan kegiatan ini, para santri tambah semangat mencari ilmu agama," ujar Zaini.

Pawai memperingati hari Santri diikuti oleh tiga kecamatan di Karimun 100 TPQ, 5 Pondok Pesantren dan 3 DTA dengan total peserta mencapai 5000 santri lebih.

" Semoga dengan digelarnya pawai Hari santri ini bisa menumbuhkan semangat belajar bagi santri terutama dalam menimba ilmu agama di tempat pengajian-pengajian yang ada di Karimun,” ujarnya.

Zaini juga berharap Dinas Pendidikan dan Kementrian Agama Karimun untuk mendukung program penerapan salah satu syarat masuk sekolah lebih tinggi khususnya yang beragama muslim melampirkan ijazah dari TPQ- TPQ yang ada di Karimun.

Sebelumnya memang ada program dari pemerintah bahwa salah satu syarat untuk masuk ke sekolah harus melampirkan ijazah dari TPQ Dan DTA untuk masuk SD dan SMP.

“ Namun sekarang ini tidak berjalan dengan baik, sehingga penurunan murid TPQ dan DTA mengalami kemerosotan,” katanya. (Jam)


Editor : Herry


Posting Komentar