-->

Ads (728x90)

 
Commmunication & External Relation Humas PLN Batam, Yoga Perdana Sulastama (Fhoto : Infolingga.com)
BATAM, Infolingga.com –  Communication & External Relation Humas PLN Batam, Yoga Perdana Sulastama mengatakan bahwa tower yang dibangun Bright PLN Batam di depan perumahan Kabil Raya, Batam bukan untuk pembangunan Saluran Tegangan Extra Tinggi (SUTET) tetapi tower itu untuk pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT).

“Jika SUTET itu tegangannya antara 500 KV hingga 700 KV sementara kalau SUTT tegangannya antara 75 KV sampai dengan 150 KV,” kata Communication & External Relation Humas PLN Batam, Yoga Perdana Sulastama saat ditemui infolingga.com di kantor Bright PLN di Batam Centre, Batam  belum lama ini.
Yoga menyebutkan Bright PLN Batam dalam waktu dekat ini akan melanjutkan pembangunan SUTT itu. Panjang SUTT tersebut sekitar 7 Kilometer dari depan perumahan Kabil Raya hingga sampai Kawasan Industri Estate (KIE)

Ia menceritakan bawah terbengkalainya SUTT itu disebabkan  warga tidak setuju lantaran kwatir  pengaruh radiasi dari SUTT itu dapat mengganggu kesehatan manusia.

“Sewaktu Bright PLN Batam melakukan sosialisasi kepada warga untuk  pembangunan SUTT itu banyak warga menolaknya,” cerita Yoga.

Padahal ketika itu, dikatakan Yoga, Bright PLN Batam saat acara Talk Show pernah membawa tim medis yaitu dr Adam, ketika itu dr Adam menjelaskannya bahwa SUTT yang dibangun bahwa pengaruh radiasinya masih dibatas ambang batas lantaran dibangun pada jarak dan ketinggian yang aman dari pemukiman warga .

“Jarak SUTT dengan pemukiman warga cukup  jauh selain itu tegangannya hanya 75 KV hingga 150 KV sehingga pengaruh radiasinya bisa dipastikan cukup aman terhadap warga yang tinggal dipemukiman perumahan Kabil Raya atau perumahan lainnya,” jelas Yoga.

Selama ini, kata Yoga, setahu saya di Indonesia tidak ada warga yang sakit akibat pengaruh radiasi dari SUTT asal dibangun dengan jarak ambang yang telah ditentukan .

“Jika ada warga disekitar SUTT yang sakit akibat pengaruh radiasinya maka Bright PLN Batam bersedia bertanggung jawab,” kata Yoga dengan nada tegas

Untuk masalah perijinan, Yoga menyebutkan bahwa Bright PLN Batam telah memiliki seluruh perijinan yang dibutuhkan baik dari BP Batam maupun ijin AMDAL dari Bapelda Pemko Batam.

Kendati SUTT itu  dibangun masih dalam ambang batas aman, kata Yoga, Bright PLN Batam masih tetap memberikan perhatiannya kepada warga di sekitar SUTT itu. “ Kita memberikan dana SCR mas dengan memberi bantuan membangun mesjid, fasum seperti di perumahan Kabil Raya Brigh PLN memberikan bantuan pembangunan gorong gorong,” jelas Yoga.

Pembangunan SUTT itu, dikatakan Yoga, untuk menerangi seluruh kota Batam dengan meyuplai arus PLN Batam keseluruh pelosok daerah kota Batam. Namun Yoga tidak menjelaskan secara detail kapan pembangunan SUTT itu dimulai.

(Lamhot )


Posting Komentar