-->

Ads (728x90)

Kepala Satgas Pangan Kepri, Kombes Bdi Susanto Bersama Kepala KPPU KPD Kota Batam Lukman Sungkar (Fhoto : Infolingga.com)

BATAM, Infolingga.com -  Tim Satgas Pangan Kepri akan selalu sidak dan memantau harga sembako di setiap pasar yang ada di Kepri agar harga sembako tetap aman. Tim Satgas Pangan Kepri telah memprediksi bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H hingga empat bulan ke depan Ketahanan Pangan di Kepri khususnya di Batam akan aman.

" Untuk tahun ini adalah tahun yang stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H hingga 4 bulan ke depan harga sembako akan aman,” kata Kepala Satgas Pangan Kepri, Kombes Budi Susanto saat menghadiri acara buka puasa bersama yang digelar Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) kota Batam di lantai III hotel Said, Batam Centre, Batam pada Selasa sore (6/6/2017)

Satgas Ketahanan Pangan Kepri itu dibentuk dari beberapa instansi terkait dan dibentuk hingga tingkat kabupaten mulai dari Pemerintah Pusat.

Budi menyebutkan bahwa Tim Satgas Pangan pernah turun ke pasar Puja Bahari ketika itu,  sana harga daging sapi es masih dijual dengan harga berkisar Rp 80 ribu per kilogramnya, untuk daging sapi segar dijual dengan harga Rp 120 ribu perkilogramnya.,” katanya.

Harga telur dan minyak goreng, kata Budi, serta harga kacang kedelai dan daging ayam serta harga sembako lainnya masih normal.

Budi juga mengatakan bahwa Tim Satgas Ketahanan Pangan juga telah mendatangi distributor daging untuk mengetahui persedian dan harganya.

“Ternyata stock daging cukup untuk 4 hingga 5 bulan ke depan, saya mengharapkan jangan ada distributor yang monopoli saat menjelang hari Raya Idul Fitri 1438 H mendatang,” tegas Budi.

Bahkan Dirkrimsus Polda Kepri ini mengharapkan kerja sama dengan para awak media untuk melakukan control sosial dan melakukan pemberitaan sesuai dengan fakta yang ada di lapangandan jika mengetahui adanya monopoli agar segera melaporkannya kepada Satgas Ketahanan Pangan Kepri.

“Kadang ada juga parsel yang sudah kadaluarsa tolong diperhatikan ya teman teman wartawan,” kata Budi.

Ia mengatakan mudah-mudahan dengan bersinergisitasnya bantuan rekan-rekan media mampu menciptakan stabil harga pokok pangan.

“Intinya kami komitmen untuk mensejahterakan masyarakat dan masyarakat tidak dibebani dengan tingginya harga sembako,” jelas Budi.

Dari data yang dihimpun stok beras di gudang gudang bulog di kepri persedian beras sebanyak 14.500 ton, sedangkan cadangan gula di Kepri sebanyak 654 ton. Selain itu di Kepri Bulog memiliki 288 rumah pangan dimana masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.


"Bila terjadi gejolak harga, pihaknya siap untuk melakukan operasi pasar. Sehingga dapat kembali menurunkan harga kebutuhan pokok," tegas Budi

Pada kesempatan itu, Budi juga mengucapkan selamat Ulang Tahun yang ke 17 kepada  Komisi Pengawas persaingan Usaha (KPPU ) KPD kota Batam.

Dipenghujung acara digelar acara buka puasa bersama dengan anak yatim piatu dari Yayasan Mandiri Bengkong dan Telaga Punggur.

(RN/Lamhot)

Posting Komentar