-->

Ads (728x90)




Pringsewu, Realitamedia.com  – Pembangunan jaringan irigasi sepanjang 300 meter dengan tipe 60 di Dusun 02 Pekon Sinar Mulya, kecamatan Banyumas, kabupaten Pringsewu mulai berjalan. Nampak pada pengerjaannya tersebut sudah dilaksanakan 30 persen, Senin ( 20/11/23).


Diketahui anggaran pembangunan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Lampung melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air provinsi Lampung tahun anggaran 2023. 


Dikatakan Hendrik pelaksana kegiatan pembangunan jaringan irigasi dilokasi, mengatakan bahwa, kegiatan ini baru saja dilaksanakan sekitar Delapan (8) hari ini, yang dikerjakan oleh warga masyarakat dusun 02 Sinar Mulya.


“Pembangunan jaringan irigasi ini kita alokasikan dari anggaran dana APBD-P Provinsi tahun 2023, kurang lebih pagunya Rp. 400 juta rupiah, untuk direalisasikan 300 meter dengan lebar 60 cm atau tive 60,” kata Hendri saat ditemui dilokasi pada ini hari.


Dilokasi yang sama Gopur (36) kepala tukang, mengatakan dengan adanya bangunan yang lagi kami kerjakan ini sangat menunjang untuk lancarnya aliran air nanti. Dan pasti tidak akan mengalami kekeringan untuk lahan lahan sawah disana.


“Sangat menunjang, bersyukur dan terimakasih adanya bagunan jaringan irigasi untuk masyarakat, ini kami semua warga dusun 02 Sinar Mulya, pastinya untuk kwalitas dari hasil pembangunan ini akan kami kerjakan sebaik baiknya sesuai dengan spek, karna pemerintah memberikan ini untuk kami warga masyarakan sinar Mulya,” papar Gopur.


Senada dipaparkan Rahmat dan Jamal pekerja pembagunan jaringan irigasi tersebut, bagi kami sangatlah berguna dan selama ini yang kami tunggu-tunggu karena mendapatnya nanti untuk melancarkan aliran air ke lahan sawah.



“Mencukupi kebutuhan air pada lahan pertanian, dan mempermudah petani untuk mengairi lahan, dan sebagai salah satu sarana pendukung ketahanan pangan”, Papar Rahmat.


Ditambahkan oleh Juli dan Engkus mewakili Delapan (8) orang tenaga kerja dan selaku warga dusun setempat bahwa, mengenai jaringan Irigasi atau pengairan merupakan hal yang penting dalam pertanian. Tanaman tidak dapat tumbuh secara optimal tanpa pengairan yang tepat.


“Hal ini juga akan sangat mempengaruhi hasil panen yang akan datang. akan pentingnya irigasi menjadikan pembangunan irigasi sebagai prioritas,” imbuh Juli dan Engkus,” (IWAN.)

Posting Komentar