-->

Ads (728x90)

Kakan Regional VI BKN Medan Jadi Narasumber pada Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional
Asisten Administrasi Umum Drs. Muhilli Lubis bersama narasumber kegiatan sosialisasi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Senin (27/11/2023) (Osten /Realitamedia.com).


By Osten

ASAHAN, Realitamedia.com
– Kepala Kantor (Kakan) Regional VI BKN Medan Dr. Janry H. U. P. Simanungkalit, S. Si, M. Si dan Muhammad Raqibun, SE, MM Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama BKN Medan dihadirkan sebagai narasumber pada kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional yang di Setarakan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Senin (27/11/2023).

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Badan Kepegawaian dam Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan ini, dibuka Bupati Asahan H Surya Bsc yang diwakilkan Asisten Admisitrasi Umum Drs. Muhilli Lubis.

Turut hadir Kepala Kontor Regional VI BKN Medan, Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama BKN Medan, Kepala BKPSDM Kabupaten Asahan beserta jajaran, ASN di Lingkungan Pemkab Asahan dan tamu undangan lainnya.

“ Dasar kegitan ini adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biroksai Nomor 28 Tahun 2019 tentang Peyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional,” kata Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kabupaten Asahan Santy Rahayuni, SAP, MAP dalam laporannya.
 
Ia menyebut maksud sosialisasi ini dilaksanakan agar dapat memenuhi Amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Biroksai Nomor 28 Tahun 2019 tentang peyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional dan untuk menindaklanjuti prioritas kerja Presiden Republik Indonesia dimana salah satunya adalah terkait reformasi birokrasi.

“ Tujuan sosialisasi ini, untuk memberikan pemahaman mengenai implementasi sistem kerja baru dan pengelolaan kinerja serta peningkatan kompetensi dalam Jabatan Fungsional kepada Pejabat Fungsional hasil penyetaraan di lingkungan Pemkab Asahan,” katanya.

Sementara Bupati Surya dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum mengatakan anakan birokrasi adalah kebijakan Presiden Jokowi untuk menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sebagai upaya peningkatan efektivitas dan efisien untuk mendukung kinerja pelayanan Pemerintah kepada publik, sehingga perlu dilakukan penyederhanaan birokrasi melalui penyetaraan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

“ Ruang lingkup penyetaraan jabatan pada Instansi Pemerintah, menurut Permen PAN-RB ini, meliputi Jabatan Administrator (Eselon III), Jabatan Pengawas (Eselon IV) dan Jabatan Pelaksanaan (Eselon V),” katanya.

Menurutnya dengan penyetaraan jabatan tentunya berdampak pada dinamika kepegawaian, dimana penyetaraan jabatan bukan hanya terkait perubahan nomenklatur jabatan, melainkan juga tuntutan terhadap perubahan mindset dan culture pada pola dan sistem kerja lama ke dalam pola dan sistem kerja baru yang mungkin saja tidak dapat dengan mudah dan cepat untuk dipahami secara komprehensif dan diimplementasikan dalam waktu singkat.

“ Saya berharap kepada seluruh Pejabat Fungsional hasil penyetaraan harus mampu mengaplikasikannya dengan baik dan bertanggung jawab serta memiliki kesadaran tinggi untuk menjadi Aparatur Sipil Negara yang profesional, sehingga visi Kabupaten Asahan Mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter dapat tercapai tujuan organisasi dalam melaksanakan reformasi birokrasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan,” kata Muhilli.

Kepala Kontor Regional VI BKN Medan Dr. Janry H. U. P. Simanungkalit, S. Si, M. Si dalam materinya menjelaskan pengembangan ASN Pejabat Fungsional di lingkungan Pemkab Asahan.

Sedangkan Muhammad Raqibun, SE, MM Asesor SDM Aparatur Ahli Pertama BKN Medan  dalam materinya menjelaskan Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional Hasil Penyetaraan Jabatan di lingkungan Pemkab Asahan. (Ten)

Editor : Herry

Posting Komentar