-->

Ads (728x90)

Kadis Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi (Fhoto : Infolingga.com)
BATAM, Infolingga.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi merencanakan akan membangun kembali dua Puskesmas di Kota Batam. Pembangunan kedua Puskesmas ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di kota Batam.

“Idealnya di kota Batam minimal harus ada 40 Puskesmas,” kata Didi Kusmarjadi saat menghadiri acara kebersamaan Puskesmas Baloi, Selasa (23/5/2017).

Didi Kusmarjadi juga menyebutkan bahwa Dinkes kota Batam terus meningkat mutu pelayanan Puskesmas dan mengintruksikan agar seluruh Puskesmas dikota Batam tetap selalu bersih, meningkatkan efektivitasnya mulai dari kebutuhan maupun keamanan.

Ia juga mengatakan bahwa di tahun 2017 ini dari 17 Puskesmas yang ada di kota Batam 7 Puskesmas telah mengikuti proses akreditasi dan 10 Puskesmas lainnya akan menyusul diajukan ditahun berikutnya.

“Setiap Puskesmas harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dari tim penguji dari komisi fasilitas  kesehatan tingkat pertama atau FKTP Kementrian Kesehatan  RI,” katanya.

Salah satu persayaratan Puskesmas agar bisa diakreditasi adalah harus memiliki dua dokter umum dan dua dokter gigi dan Puskesmas tersebut harus melayani pasien rawat inap.

Ia menyebutkan Puskesmas yang diajukan untuk diakreditasi adalah Puskesmas Sekupang, Puskesmas Sei Pancur, Puskesmas Sei Panas, Puskesmas Botania dan beberapa Puskesmas lainnya.

Untuk memuluskan Puskesmas tersebut dapat diakreditasi kini telah dibentuk 3 tim pendamping dan pemko Batam telah mengganggarkan dana sebesar Rp 300 juta untuk keperluan memenuhi seluruh kekurangan fasilitas dan tenaga medis yang telah ditetapkan oleh tim penguji.

(lamhot)

Posting Komentar