-->

Ads (728x90)


Septic Tank Yang Dibangun Dari APBN 2016 (Fhoto : Istimewa)

LINGGA, Infolingga.com – Warga Dabo Lama Laut kecamatan Singkep, Lingga saat ini sangat mengeluhkan keberadaan sanitasi berupa WC (septic tank) terapung lantaran menyebabkan polusi berupa bau yang menyengat dan sangat mengganggu kenyaman warga disekitar Septic Tank.

Padahal pembangunan Septic Tank ini telah menelan milyaran rupiah dari dana APBN pada tahun 2016 lalu. Namun Septic Tank ini terkesan tidak ada fungsinya hanya menghambur hamburkan uang rakyat saja dan mengganngu kenyaman masyarakat lantaran menghirup udara yang bauk dari Septic Tank tersebut.

''Bauknya luar biasa saya sampai tak bisa buka pintu rumah, karena bauknya tak tahan lagi.''ujar Eka (28) warga Dabo Lama Jumat (12/5/2017).

Menurut Eka, dia dan sejumlah warga yang lain sempat mengeluhkan dengan keberadaan septic tank yang dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga hal ini karena tidak seperti janji para pekerja sejak pembangunan septic tank.

Di tambahkan Eka dulu pada saat akan dilakukan pembangunan pihak kontraktor berjanji akan melakukan perbaikan apabila ada masalah dengan septic tank tersebut, bukan hanya itu pihak kontraktor juga menyampaikan bahwa dengan adanya septic tank ini maka tidak ada lagi bauk yang akan muncul.

''Tidak seperti janjinya dulu, saat ini bauknya luar biasa dan kotoran kita susah untuk kita buang karena butuh air yang banyak.''ujar Eka dengan nada kesal.

Bukan hanya Eka, hal yang sama juga disampaikan Aji, menurut pria ini dirinya sudah sering kali komplain atau protes pada pihak kontraktor terkait dengan adanya septic tank sebab tidak sesui dengan janji mereka sebelum di bangun, bahkan menurut Aji pihak kontraktor pernah memberi saran agar memotong pipa dari kloset ke septic tank apabila macet terus.

''Kalau masih macet mereka menyarakan agar di potong pipanya, kalau gitu ngapain harus di bangun septic tank dengan total angaran milyaran lagi, bangunan ini pokoknya asal jadi aja.''terang aji.

Aktifis pemerhati lingkungan Kabupaten Lingga Ardi Achad meminta agar pemerintah daerah Kabupaten Lingga untuk cepat tanggap terkait dengan pembangunan septic tank yang menelan anggaran milyaran tersebut, sebab pembangunan yang dilakukan CV Pribumi Jaya Mandiri terkesan asal jadi, hal ini di buktikan dengan banyaknya keluhan-keluhan yang di rasakan oleh masyarakat Dabo Lama, Ardi juga berharap dinas dan instansi terkait mengambil langkah yang di anggarap perku sebab masyarakat saat ini benar-benar resah.

''Kadang-kadang bauk dari kotoran itu sangat menyengat, selama ini sebelum ada pembangunan septic tank tidak ada bauk, namun sejak di bangun kok malah bauk.''terang Ardi.(GL/MIS)


Posting Komentar