-->

Ads (728x90)


Wako Tanjungpinang, Lis Darmansyah Didampingi Kadis Pendidikan Kota Tanjungpinang, Dadang Membuka Lembar Soal Jawaban UN (Fhoto : Istimewa)

TANJUNGPINANG, Infolingga.com  - Sesuai jadwal yang ditetapkan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, Senin (15/5/2017) pagi ini, siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tanjungpinang melaksanakan Ujian Nasional (UN) berbasis Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH bersama Wakil Walikota, H. Syahrul, S. Pd, dan Sekretaris Daerah, Drs. Riono, M. Si, meninjau pelaksanaan ujian nasional di Sekolah Dasar 004 Tanjungpinang Timur, SDN 002 Bukit Bestari dan SDN 001 Tanjungpinang Barat.

Saat meninjau pelaksanaan di SDN 004 Tanjungpinang Timur, Walikota Lis Darmansyah melaksanakan Upacara Penyematan tanda Peserta ujian sekaligus menjadi pembina upacara.

Dalam arahnya Lis berpesan kepada para siswa siswi SD Negeri 004 bahwa "dalam pelaksnaan UN ada tiga hal yang harus dimiliki yaitu rasa Nyaman, Tenang dan Senang jika 3 hal ini sudah terpenuhi maka ananda sekalian akan dapat berkonsentari dalam mengerjakan soal ujian yang di berikan", terangnya.

"Dalam pelaksanaa UN ini pemerintah selalu melakukan monitoring secara menyeluruh langsung kelapangan, alasan ini kita lakukan jika seandainya terjadi kendala atau masalah pada saat melaksanakan Ujian Nasional ini dapat langsung kita tanggapi, Hal ini tentunya juga menunjukan bahwa Pemerintah Kota Tanjungpinang  siap melaksanakan Ujian Nasional.", terang Lis pada saat wawancara bersama Media.

"Memang untuk saat ini sarana prasarana yang kita miliki masih kurang dibandingkan dengan kota besar yang sudah maju, akan tetapi tidak mempengaruhi kita untuk memperoleh kelulusan yang memiliki kualitas dan kuantitas yang baik.", sambung Lis.

Lis sangat berharap pada UN ini dapat memperoleh kelulusan yang memiliki Kuantitas dan Kulalitas terbaik. "Kita berharap Pelaksanaan UN ini kita akan mendapatkan kelulusan yang memilki Kuantitas dan Kualitas yang lebih baik dari tahun-tahun lalu, jika bisa kita dapat memperoleh nilai tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau.", Harapnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Wakil Walikota H. Syahrul, menyemangati peserta ujian nasional. Ananda yang bapak sayangi, sudah siap melaksanakan ujian? tanyanya, dengan serentak anak-anak menjawab, InsyAllah siap, pak...!!! seru mereka.

Sebelum membuka sampul LJK, Syahrul mengingatkan kepada anak-anak untuk berdoa serta yakin dalam menjawab soal-soal ujian, " Ananda semua harus fokus dan berdoa dalam hati, yakinkan diri ananda bahwa saya bisa menjawab soal-soal ini, jangan ragu dan takut, bapak/ibu guru pengawas semuanya baik-baik," pesan Syahrul kepada peserta UN SDN 002 Bukit Bestari.

Dikesempatan itu, Syahrul juga minta kepada guru pengawas agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Guru pengawas sebagai ujung tombak pendidikan memberi andil pada kelulusan, terutama kelancaraan administrasi pengisian data peserta, jangan sampai ada data anak-anak kita yang tak terisi, inilah tugas utama pengawas.

" Anggaplah anak-anak ini murid sendiri, ciptakan suasana nyaman untuk mereka, percaya penuh pada anak-anak kita dalam menjawab soal, yang penting pengisian data anak-anak perlu diperhatikan, jangan sampai ada data anak yang tidak terisi di lembar jawaban ", kata Syahrul

Kepala Sekolah SDN 002 Bukit Bestari, Nurhasanah, S. Pd, mengatakan meski pelaksanaan ujian nasional merupakan sesuatu yang baru, namun saya ingin mengingatkan kembali kepada guru pengawas supaya melaksanakan tugas dengan baik,

" Saya tak mau saat mengawas anak-anak, bapak/ibu berkeliling-keliling di sekitar siswa, sehingga mereka grogi dan tidak fokus, apalagi bapak/ibu mengawas sambil bermain handpone atau membaca majalah, bapak/ibu harus timbulkan suasana selesa dalam kelas, sehingga anak-anak kita merasa nyaman dan tenang ketika mengerjakan soal," ucapnya

Pelaksanaan Ujian Nasional ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai Senin (15/5) hingga Rabu (17/5/2017) mendatang dengan mata pelajaran yang fi ujiankan Bahasa Indonesia yang dilaksanakan pada hari ini, kemudian Selasa mata pelajaran Matematika dan Rabu IPA. 

Jumlah peserta yang mengikuti ujian nasional di SDN 004 Tanjungpinang Timur sebanyak 150 orang anak yang dibagi menjadi 8 ruangan. Sedangkan di SDN 002 Bukit Bestari, jumlah peserta yang ikut UN sebanyak 117 orang anak yang di bagi menjadi 6 ruang kelas, masing-masing kelas diawasi oleh 2 orang guru pengawas.(hms/Lam)


Posting Komentar