-->

Ads (728x90)

Kemenkominfo Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Digital di Daerah Perbatasan, Termaksuk Kepri
Menkominfo Budi (kiri) bersama Gubernur Ansar saat menghadiri puncak perayaan 90 tahun Hasiarnas di Lagoi Bay, Bintan, Kepri, Sabtu (12/8) (Ist/Realitamedia.com)

By Deni


BINTAN, Realitamedia.com
– Kementerian Komunikasi dan Informatika memiliki tanggungjawab untuk mempersiapkan infrastruktur digital di seluruh Indonesia.

Pembangunan infrastruktur digital tersebut sangat diprioritaskan di daerah perbatasan seperti Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi kepada wartawan pada puncak perayaan 90 tahun Hari Penyiaran Nasional (Hasiarnas) dilaksanakan di Lagoi Bay, Bintan, Kepri, Sabtu (12/8).

“ Pembangunan infrastruktur digital, tidak hanya kawasan Indonesia Timur, tetapi merata di seluruh Indonesia, termasuk di Kepri," tegasnya.

Menurut Menkominfo Budi, penguatan kecepatan internet serta pendistribusiannya di kawasan perbatasan perlu ditingkatkan.

Berdasarkan data yang dimilikinya, akses selular di Indonesia 97 persen, dan akses internet 78 persen. Menurutnya hal tersebut harus ditingkatkan lantaran akses digital itu adalah hak rakyat.

Budi menyebut dirinya menunggu laporan kepala daerah terkait kebutuhan infrastruktur digital.

Tidak hanya di daerah perbatasan, Menkominfo Budi mendorong percepatan pembangunan infrastruktur digital di kawasan perdesaan melalui kolaborasi dengan jajaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat penyebaran informasi mengenai pembangunan desa, supaya tidak ada lagi desa yang tertinggal.

Di tempat yang sama, Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengucapkan terimakasih kepada Kemenkominfo.

"Belum lama ini sudah terbangun 77 BTS dengan baik dan sukses. Masih 34 titik lagi BTS yang penting diadakan. Dan ini akan dikolaborasikan dengan Pemerintah Pusat," katanya.

Gubernur Ansar menekankan jika infrastruktur digital merupakan salah satu infrastruktur penting di kawasan perbatasan.

"Saya merasa sudah tepat jika peringatan 90 tahun Hasiarnas dilaksanakan di Kepri," tutup Gubernur Ansar.  (De)

Editor : Herry

 

Posting Komentar