-->

Ads (728x90)

 

Hadiri Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri, Rudi Ajak Masyarakat untuk Cerdas dalam Memilih Tontonan
Walikota Rudi (tengah) saat menghadiri Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri di Swissbell Hotel Harbour Bay, Selasa (29/8) (Parulian/Realitamedia.com)

By Parulian

𝐁ATAM, Realitamedia.com – Perkembangan teknologi informasi sangat pesat, dan berpengaruh besar terhadap peredaran dan pertunjukan film, dimana film saat ini tidak hanya disaksikan melalui layar bioskop dan televisi, namun dapat diakses melalui internet, platform digital dan media sosial.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman mengamanahkan setiap film yang akan diedarkan dan dipertunjukkan wajib mendapatkan Surat Tanda Lulus Sensor dari Lembaga Sensor Film.

“ Penyesoran film untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif dari apa yang ditonton. Saya mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih tontonan,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi saat menghadiri Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri di Swissbell Hotel Harbour Bay, Selasa (29/8).

Saat ini, kata dia, masyarakat sangat mudah mengakses tontonan tanpa dibatasi tempat maupun waktu sehingga kecerdasan dalam memilih tontonan harus terus disosialisasikan ke masyarakat.

Menurut Rudi sosialisasi ini sangat bagus, karena dapat membuat masyarakat dan publik mendapatkan pendidikan dan pengetahuan terhadap film, melalui penguatan fungsi literasi.

"Dengan begitu, masyarakat memiliki kepedulian dan kesadaran untuk menonton film sesuai dengan klasifikasi usia dan peruntukkannya," katanya.

Selanjutnya Rudi mengatakan untuk menguatkan fungsi literasi masyarakat dalam aspek Perfilman, Lembaga Sensor Film pada tahun 2021 mencanangkan Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri yakni gerakan memilah dan memilih tontonan sesuai dengan klasifikasi usia.

Hal tersebut, kata Rudi, merupakan langkah penguatan literasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam memilah dan memilih tontonan.

“ Sata mengapresiasi kegiatan ini dilaksanakan di Batam,” katanya.

Rudi mengatakan, saat ini Kota Batam sedang gencar membangun demi kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, hingga kebangkitan investasi.  (ian)


Editor : Herry


Posting Komentar