-->

Ads (728x90)

Kades Sungai Harapan , Malisi (Fhoto : Infolingga.com)
LINGGA, Infolingga.com –  Malisi sejak terpilih menjadi Kepala Desa Sungai Harapan, kecamatan Singkep Barat, Lingga terus melakukan pembangunan di desa yang ia pimpin. Bahkan Malisi mengaku harus bekerja ekstra untuk menggunakan anggaran yang dikucurkan ke desa baik itu anggaran dari Program Presiden RI yaitu Dana Desa (DD) yang besarnya milyaran rupiah maupun dana dari Kabupaten melalui Alokasi Dana Desa (ADD).

"Memang dengan dana yang begitu besar baik yang di kucur kan Pemerintah Pusat, maupun Dana dari Kabupaten melalui Alokasi Dana Desa (ADD),” kata Malisi.

Saat ini, dikatakannya untuk pengambilan dana itu banyak peraturan yang mengaturnya. Ia mengatakan sejak terpilih menjadi Kades, sudah banyak yang dibangun mulai dari tahun 2016 hingga saat sekarang, yang semuanya kegunaan untuk pasilitas warga namun perkantoran masih banyak yang belum terbangun.
Ia mengatakan untuk bangunan yang dananya cukup besar, ia harus koordinasi dengan rekanan yang berada di Propinsi untuk membantu melakukan lobi, baik itu dana propinsi maupun dana pusat.
 
“Untuk bangunan yang kira-kira dananya tercoper oleh desa kami kerjakan, secara bertahap,” jelasnya.
Memang sekarang ini, dikatakannya, seorang Kepala Desa harus dapat melakukan croscek terhadap pembangunan yang di kelolanya, meskipun ada tim TPK, tetapi Kades harus survey ke lapangan.
 
“Karena masalah uang banyak yang terjerumus ke ranah hukum, bahkan ada yang tidur di balik jeruji besi, tak dapat menunjukkan SPJ yang di buatnya, karena banyak fiktip,” jelasnya
 
(.Mis)

Posting Komentar