-->

Ads (728x90)

 

Baru Setahun, Taman Rusa Sekupang Kini Memiliki Kolam Koi dan Taman Edukasi
Pegawai BP Batam senam sehat bersamadiTaman Rusa Sekupang, Jumat (17/3/2023) (Fhoto : Humas BP Batam)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com - Dua fasilitas baru di Taman Rusa Sekupang diresmikan pada perayaan ulang tahunnya yang pertama. Kedua fasilitas baru itu yakni Kolam Koi dan Taman Edukasi. Selain itu, kolam yang berada di Taman Rusa akan dijadikan kolam pemancingan.

“ Dengan adanya penambahan dua fasilitas baru itu diharapkan bisa menjadi daya tarik lebih untuk dikunjungi ke depannya,” kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi melalui Direktur Peningkatan Kinerja dan Manajemen Risiko, Asep Lili Holilulloh kepada wartawan usai usai perayaan satu tahun Taman Rusa, Jumat (17/3/2023).

Ia juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk taman rusa dan semoga pihak pengelola dapat terus berinovasi dan mengembangkan kreativitasnya. Karena ini semua, untuk masyarakat Batam dan luar Batam.

Dalam merayakan ulang tahun Taman Rusa Sekupang ini juga digelar berbagai kegiatan seremonial seperti : senam sehat bersama yang dilaksanakan oleh pegawai BP Batam, pelepasan kura-kura, pelepasan ikan koi.

Ulang tahun Taman Rusa Sekupang pada Sabtu (18/03/2023), taman ini diresmikan oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi pada Maret 2022 lalu. Sejak itu taman ini menjadi salah satu destinasi utama bagi masyarakat Kota Batam untuk melepas lelah.

Kebersihan pada taman ini sangat terjaga dengan baik keasriannya. Terlebih banyaknya pepohonan besar dan rimbun di dalamnya.

Lebih lanjut Asep Lili Holilulloh mengatakan, Taman Rusa saat ini sudah banyak peningkatan dari setahun yang lalu. Baik dari sisi operasional, keuangan hingga dari sisi komitmen dari pengelola Taman Rusa.

"Komitmen untuk menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Batam, sudah tercapai. Saat ini, Taman Rusa termasuk tujuan wisata yang utama di Kota Batam," ujarnya 

Dengan pencapaian yang telah diraih tersebut tentunya Kepala BP Batam, Muhammad Rudi akan tetap mendukung pengembangan Taman Rusa ke depannya. Namun, pengembangan itu tidak bisa dilakukan dengan mudah dan harus banyak inovasi yang dilahirkan.

Sementara Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, Binsar Tambunan mengatakan, selama satu tahun belakangan ini, Taman Rusa sudah menjadi destinasi masyarakat Kota Batam dalam satu tahun terakhir untuk berwisata. Sehingga, secara pendapatan dari Taman Rusa selama setahun terakhir sebesar Rp3 miliar.

"Jadi selama setahun ini sudah cukup banyak masyarakat berwisata ke Taman Rusa karena sudah menjadi salah satu tujuan wisata utama di Kota Batam. Ini merupakan suatu hal yang harus kita jaga dan kita tingkatkan terus," ujar Binsar.

Ia melanjutkan, bertepatan pada momen perayaan ulang tahun Taman Rusa, pihaknya juga meresmikan dua fasilitas baru yang dapat dinikmati pengunjung ke depannya, yakni kolam koi dan taman edukasi.

Taman edukasi dibangun karena banyaknya pelajar yang mengunjungi Taman Rusa pada akhir pekan. Tidak hanya diperuntukkan kepada pelajar, taman edukasi itu juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Adapun di taman edukasi tersebut ada teknik budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, tanaman langka, cara membuat pupuk kompos, sawah, sistem daur ulang air hingga listrik dari tenaga surya.

"Ini kita harapkan akan menjadi satu loncatan kedepannya, sehingga Taman Rusa ini semakin maju," katanya.

Ia menambahkan, Taman Rusa ke depannya juga akan dilengkapi dengan coffe shop atau coffe corner. Pembangunan fasilitas coffe shop itu dilakukan setelah adanya masukan-masukan dari pengunjung Taman Rusa dalam setahun ini.

"Nah ini kita akan coba buka coffe shop atau coffe corner yang bisa memberikan kelengkapan untuk semua dalam keluarga. Baik itu untuk kalangan milenial dan orang tua," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Taman Rusa Sekupang terletak di kawasan Sekupang, tepat berseberangan dengan Guest House Sekupang di Jalan RE. Martadinata. Dengan akses jalan yang baik, masyarakat mampu menjangkau Taman Rusa Sekupang dengan mudah karena menggunakan rute yang sama dengan Rumah Sakit BP Batam (RSBP Batam).

Taman Rusa Sekupang yang mulanya bernama Pusat Kebugaran Persatuan Istri Karyawan Otorita Batam (PIKORI) diresmikan pada tanggal 1 April 2000 dengan fasilitas jogging track sepanjang 1 kilometer dan bangunan serbaguna untuk kegiatan gymnasium dan olahraga badminton.

Dalam perkembangannya, fasilitas pusat kebugaran tersebut menambah satwa rusa di sekitar jogging track dan pada tahun 2008 berganti nama menjadi Taman Rusa. Pengembangan Taman Rusa yang signifikan dimulai pada peresmian pertama pada tahun 2000 dan peresmian kedua pada tahun 2022.

Biaya masuk Taman Rusa Sekupang juga sangat terjangkau. Pada hari Senin hingga Jumat, baik pengunjung dewasa, anak-anak dan pelajar dikenakan tarif Rp 5.000,-  

Sedangkan pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp 10.000,- dan untuk pengunjung anak-anak dan pelajar dikenakan tarif Rp 5.000,- (ian)

Editor : Herry

Posting Komentar