-->

Ads (728x90)

Tinjau Pengerjaan Normalisasi Sungai, Wabup Sergai : Masalah Banjir Akan Segera Teratasi
Wabup Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan bersama Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga dan Pihak BWS Provinsi Sumut Meninjau Pekerjaan Normalisasi Sungai Belutu di Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, Kamis (22/9/2022) (Fhoto : Ist) .

SERGAI, Realitamedia.com – Pemkab Sergai dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ini gencar melakukan pengentasan banjir dengan melakukan normalisasi disejumlah sungai.

Selain itu Pemkab Sergai juga aktif menjalin sinergi dengan pihak swasta lewat Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) untuk mengatasi banjir di titik-titik yang menjadi langganan banjir.

Program pekerjaan normalisasi sungai yang dilakukan Pemkab Sergai bersama BWS Sumatera II dan lewat Forum TJSLP yaitu di Sungai Belutu, Sungai Rambung, Sungai Putih, Sungai Bahilang dan Sungai Bamban.

Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP bersama Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga, SE, MAP pada Kamis (22/9/2022) lalu meninjau pekerjaan normalisasi Sungai Belutu di Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah.

Peninjauan itu mereka lakukan untuk memastikan kondisi wilayah sungai yang sebagian masih dalam tahap normalisasi.

“Ini merupakan langkah Pemkab Sergai dalam pengentasan banjir dengan melakukan normalisasi Sungai Belutu sepanjang 2.000 meter agar terhindar dari dampak banjir,” kata Wabup Adlin disela-sela peninjauannya.

“ Normalisasi sungai ini bisa terwujud berkat kerja sama antara Pemkab Sergai dengan BWS Provinsi Sumatera Utara. Selain itu kami juga aktif menjalin sinergi dengan pihak swasta lewat Forum TJSLP,” katanya.

Kadis PUPR Sergai Johan Sinaga, SE, MAP mengajak kepada seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk bersinergi dan bersama-sama menjaga fasilitas yang telah dibangun ini.

“ Semoga pembangunan yang masih terlaksana ini membawa perubahan yang lebih baik untuk kabupaten kita tercinta,” katanya.

Secara rinci Johan Sinaga menjelaskan bahwa program pekerjaan yang sedang dilakukan oleh BWS Sumatera II sepanjang 7.320 M dengan rincian masing-masing yaitu :

  • Yang pertama Sungai Belutu dilakukan normalisasi Desa Sei Rampah menuju Desa Pematang Ganjang sepanjang 2.000 M dengan bronjong sepanjang 55 M dan menurunkan 2 alat berat. Pekerjaan proyek ini sudah selesai dilaksanakan.
  • Yang kedua Sungai Rambung, saat ini sedang dilakukan pengerjaan normalisasi dari jembatan tol jalan Belidaan sampai muara Sungai Belutu sepanjang 2.000 M dengan menurunkan 1 alat berat Longarm. 
  • Yang ketiga proyek yang sedang dikerjakan yaitu Sungai Putih dengan membuat bronjong sepanjang 80 M yang berada di dekat jembatan dan proteksi rumah warga. 
  • Yang keempat, proyek yang sedang dilaksanakan normalisasi adalah di Sungai Bahilang sepanjang 1,500 M dan tembok penahan tanah sepanjang 80 M. 
  • Yang kelima. Sungai Bamban yang merupakan saluran buang Sei Belutu juga sedang dilaksanakan normalisasi sepanjang 1.500 M dengan tembok penahan tanah sepanjang 160 M tepat diposisi jembatan Sei Bamban.

Ia menambahkan jika hingga kini sudah ada sepanjang 7.300 M Sungai Belutu yang telah dilakukan normalisasi dan terbagi ke dalam dua pengerjaan.

“Pengerjaan pertama dilakukan secara gotong-royong oleh TJSLP Sergai dengan target sepanjang 15.250 M dan terlaksana sepanjang 5.300 M dengan uraian sepanjang 2.700 M normalisasi Sungai Belutu pada Desa Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin.

“Sepanjang 2.500 M pada Desa Pekan Kecamatan Tanjung Beringin. Sepanjang 100 M normalisasi dan perbaikan tanggul jebol pada Desa Silau Merawan Kecamatan Dolok Masihul,” cetusnya

(Bal)


Posting Komentar