-->

Ads (728x90)

 

Selain Faktor Kelembaban, Bentuk Bangunannya yang Terbuka Mengakibatkan Flapon Masjid Tanjak Batam Rusak
Flapon Masjid Tanjak Batam yang Rusak pada Jumat (10/9/2022) (Fhoto : Ist)

BATAM, Realitamedia.com – Bentuk bangunan Masjid Tanjak Batam yang terbuka (open building) tanpa pintu merupakan salah satu penyebab flapon masjid tersebut rusak.  

“ Dengan bentuknya yang terbuka mengakibatkan udara masuk dari segala sisi, memungkinkan udara bergerak naik ke atas dan memberikan dorongan serta beban lebih terhadap flapon masjid tersebut yang terbuat dari gypsum,” kata Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait saat ditemui sejumlah awak media, Selasa (13/9/2022).

Didampingi Kepala Satuan Pemeriksa Intern BP Batam selaku Ketua Tim Investigasi, Konstantin Siboro, lebih lanjut Ariastuty menjelaskan dengan bentuk bangunannya yang terbuka ditambah karena cuaca yang belakangan ini cukup ekstrem mengakibatkan kelembaban tinggi, sehingga membuat flapon tersebut rubuh.

Asumsi itu disampaikan Ariastuty setelah Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melakukan investigasi pada plafon masjid tersebut.

Atas kejadian itu,  katanya, pihaknya merasa sedih karena selain merupakan fasilitas peribadahan, Masjid Tanjak Batam juga menjadi bangunan kebesaran dan kebanggaan bagi umat Islam di Kota Batam.

Ia mengatakan bahwa  BP Batam berkomitmen untuk menyempurnakan Masjid Tanjak Batam yang merupakan salah satu destinasi wisata religi di Kota Batam.
 
Kepala Satuan Pemeriksa Intern BP Batam selaku Ketua Tim Investigasi, Konstantin Siboro.
menambahkan sebagai tindak lanjut dan mencegah agar kejadian tersebut tidak terulang kembali, kontraktor telah berkomitmen untuk memberikan material yang lebih baik dalam rangka penyempurnaan Masjid Tanjak Batam.

“Sebenarnya material yang dipilih sudah sesuai dengan kontrak. Namun, pihak kontraktor menunjukkan komitmennya untuk mengganti dengan material yang lebih baik,” jelasnya.

Adapun bahan plafon awal yang menggunakan gypsum, akan diganti menggunakan bahan Polyvinyl Chloride (PVC).  Bahan PVC sendiri dipilih karena dinilai memiliki banyak keunggulan secara fungsi.
 
Selain terbuat dari plastik yang memiliki ketahanan lembap yang tinggi, sifatnya juga lentur dan ringan.  Progress pemeliharaan plafon Masjid Tanjak Batam, saat ini tengah digesa dan pelepasan gypsum ditargetkan selesai pada Jum’at akhir pekan ini.

“Rencananya Jum’at ini bersih semua dan pemasangan PVC dimulai,” pungkas Boro. (rdk)


Posting Komentar