-->

Ads (728x90)

 

Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Realitamedia.com
Tim Pendataan dan Verifikasi dari Dewan Pers A A Ariwibowo (kanan) bersama staf Dewan Pers Fajar Memeriksa Kelengkapan Dokumen di Kantor Redaksi Realitamedia.com, Selasa (13/9/2022) (Fhoto : doc Realitamedia.com)

By Parulian

BATAM, Realitamedia.com -  Dalam rangka verifikasi faktual, Tim Pendataan dan Verifikasi dari Dewan Pers mengunjungi kantor redaksi media online  Realitamedia.com yang beralamat di Perumahan Buana Point Blok A nomor 5, Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, Kepri, Selasa (13/9/2022).

Tim Pendataan dan Verifikasi dari Dewan Pers, A A Ariwibowo bersama staf Dewan Pers Fajar disambut hangat oleh Direktur Utama atau Pimpinan  Perusahaan Lamra Sinaga bersama karyawannya.

Kedatangan Tim Pendataan dan Verifikasi dari Dewan Pers ke kantor redaksi media online Realitamedia.com ini semula dijadwalkan 18.30 WIB dimajukan lebih cepat 5 jam menjadi pukul 13.00 WIB.

Mengetahui adanya perubahan jadwal, Heri Pemimpin Redaksi Realitamedia.com langsung buru-buru ke  rumahnya di Batam Centre untuk mengambil seluruh berkas termaksud Kartu UKW Utamanya.

Saat AA Ariwibowo bersama Fajar tiba ke kantor redaksi langsung memeriksa seluruh file dokumen PT Info Lingga Sejahtera perusahaan yang menggelola Realitamedia.com.

Namun lantaran Heri belum berada di kantor pemeriksaan ditunda, Tim Pendataan dan Verifikasi dari Dewan Pers memberi kesempatan untuk melakukan pemeriksaan seluruh dokumen hingga pukul 21.00 WIB di loby Swiss-Belhotel Harbour Bay.

“ Aduh maaf bu saya kena macet di Muka Kuning,” kata Heri begitu tiba di kantor redaksi Realitamedia.com kepada Lamra Sinaga.

Setelah seluruh berkas lengkap, Lamra Sinaga bersama Heri langsung berangkat ke Swiss-Belhotel, tempat pelaksanaan verifikasi dan pemeriksaan dokumen kelengkapan. 

Setibanya di Loby Swiss – Belhotel Harbour Bay,  Fajar langsung mengecek keaslian seluruh dokumen media online Realitamedia.com.

Sementara AA Ariwibowo melakukan penyegaran, memberikan pertanyaan ke Heri sejauh mana tugas dan tanggung jawab dari Pemimpin Redaksi. Mulai dari pemberitaan dan update berita terhadap isu-isu yang sedang terjadi.

“ Pimpinan Redaksi hanya bertanggung jawab di redaksi saja, tidak boleh mengurusi non redaksi, itu tanggungjawab dari Pimpinan Perusahaan,” A A Aribowo.

Disebelahnya, Fajar mempertanyakan kelengkapan seluruh dokumen kepada Lamra Sinaga, yang kemudian diketik di laptopnya.

Ia menyebut Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita.

Verifikasi faktual adalah upaya Dewan Pers untuk memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan, baik administrasi maupun fakta-faktanya yang harus memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan undang-undang maupun peraturan Dewan Pers

Lamra Sinaga memberikan apresiasi terhadap kinerja Dewan Pers yang melakukan peran aktifnya mendata dan memberikan edukasi tata kelola administrasi yang seyogyanya harus dilakukan oleh sebuah media.

“Sebagai salah satu perusahaan media online di Provinsi Kepri sangatlah berkepentingan untuk mendapat predikat terverifikasi. Predikat itu sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan media menjaga kepercayaan publik atas konten berita yang diproduksi,” katanya.

Pimpinan Redaksi  Realitamedia.com Heri juga memuji kinerja Dewan Pers yang melakukan peran aktifnya mendata dan memberikan edukasi tata kelola administrasi, yang seyogyanya harus dilakukan oleh sebuah media.

 “ Sebagai salah satu perusahaan media online kami sangat berkepentingan untuk mendapat predikat terverifikasi. Predikat itu sebagai bukti bahwa kami  menjaga kepercayaan publik atas konten berita yang diproduksi,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Tim Verifikasi Dewan Pers atas kunjungannya ke Kantor Redaksi Media Online Realitamedia.com.

“ Semoga kunjungan Tim Verifikasi Dewan Pers ini semoga dapat meningkatkan status media kami dan menjadi penyemangat seluruh staf dan redaksi agar bekerja lebih profesional lagi,” katanya. (La)

Editor : Herry

Posting Komentar