-->

Ads (728x90)

Bupati bersama Wabup Sergai Meresmikan Jalan Bandar Pinang
Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP Mengunting Pita Saat Meresmikan Jalan Bandar Pinang Kebun Kecamatan Bintang Bayu menuju Kecamatan Serba Jadi, Kamis, (19/9/2022) (Fhoto : Iqbal)


SERGAI, Realitamedia.com
-  Bupati Sergai H Darma Wijaya bersama Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP meresmikan jalan Bandar Pinang Kebun Kecamatan Bintang Bayu menuju Kecamatan Serba Jadi, Kamis, (19/9/2022)

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya mengatakan bahwa dirinya bersama Wabup H Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP dalam memimpin Kabupaten Karimun terus menggencot pembangunan infrastruktur, terbukti saat ini dibeberapa desa jalannya sudah diaspal.

Ia menyebut hal itu dilakukan pihaknya sebagai implementasi program Sapta Dambaan (Sapda) yaitu infrastruktur yang terintegrasi. Bukan hanya pengaspalan jalan, namun perbaikan irigasi dan pembangunan infrastruktur lainnya juga menjadi perhatiannya.

Bupati Darma Wijaya mengimbau masyarakat untuk taat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) agar pembangunan infrastruktur dapat terus berjalan.

Ia menambahkan, jika pembangunan jalan mulai dari Kuala Bali, Bandar Pinang ke Serba Jadi dan tembus ke Dolok Masihul diselesaikan tidak lebih dari 5 tahun. Oleh karenanya, jalan yang dibangun ini diharapkan mampu bertahan mulus hingga 10 tahun ke depan. 

Ia juga meminta agar seluruh pihak menjaga dan merawat jalan yang sudah dibangun. Selain itu, peran serta tokoh masyarakat dan pemerintah desa sangat dibutuhkan, agar kendaraan yang melebihi tonase dilarang, pintanya.

Tak lupa juga Bang Wiwik sapaan akrab Bupati mengajak masyarakat untuk terus membayar PBB, sebab Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh saat ini, salah satunya untuk membiayai pembangunan infrastruktur di Sergai.

"Pembangunan akan terus kita lakukan secara merata, namun pembangunan juga butuh dana, makanya masyarakat diajak buat bayar PBB, jadi pembangunan akan bisa terus berlanjut. Saat ini APBD Sergai hanya Rp1, 5 triliun. Sementara PAD kita hanya 10 persen atau hanya Rp150 miliar dari APBD," tandas Bupati 

Ia menyebut sebuah kabupaten yang baik, minimal menghasilkan PAD sebesar 20 persen dari jumlah APBD.

“ Oleh sebab itu, kita bersama-sama harus berperan serta dalam pembangunan Sergai dengan meningkatkan PAD-nya,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Wabup Adlin Tambunan yang mengatakan bahwa pemerintah daerah dituntut untuk membangun secara terfokus. Saat ini fokus Pemkab Sergai membangun infrastruktur, maka dari itu semua potensi yang ada harus di gerakkan.

"Dahulu pembangun jalan hanya sepotong-sepotong. Namun saat ini kita jadikan panjang. Jadi pembangunan 1 jalan langsung selesai," tambahnya.

Ia bersama Bupati menyakini jika infrastruktur baik akan berdampak baik pula bagi ekonomi masyarakat.

 "Yang kita bangun ini sebuah areal potensi ekonomi bagi masyarakat. Ada perkebunan, peternakan dan itu harus didukung infrastruktur jalan yang baik, "pungkasnya.

Ponidi, tokoh masyarakat Bintang Bayu mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Sergai di bawah pimpinan Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan yang sudah membangun akses bagi masyarakat.

"Kami masyarakat Sergai sangat mengidam-idamkan pembangunan jalan ini. Kami siap mendukung program pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Sergai," cetusnya. (Bal)


Posting Komentar