-->

Ads (728x90)

Bupati Natuna Hadiri Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Serentak Tahun 2024
Bupati Natuna Wan Siswandi (kanan) bersama Forkopimda saat menghadiri  apel siaga pengawasan tahapan kampanye serentak tahun 2024 di Pantai Piwang, Ranai, Kamis (30/11/2023) (Budi Dharma /Realitamedia.com)


By Budi Dharma

NATUNA, Realitamedia.com – Bupati Natuna Wan Siswandi menghadiri apel siaga pengawasan tahapan kampanye serentak tahun 2024 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna di Pantai Piwang, Ranai, Kamis (30/11/2023).

Apel siaga ini, dipimpin oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Siswandi, S.Sos dan dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Natuna,  pengawas pemilu dari kecamatan dan desa yang tersebar diseluruh Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Siswandi meminta agar seluruh pengawas pemilu dari kecamatan dan desa di Kabupaten Natuna untuk menjaga nilai nilai integritas, menjaga netralitas penyelenggara selama dalam tahapan kampanye dilaksanakan

Ia berharap masa kampanye ini, tidak dijadikan sebagai ajang tahapan merebut kekuasaan dan memperoleh kekuasan saja tetapi dijadikan sebagai tahapan menciptakan persepsi masyarakat terhadap sistem demokrasi yang lebih baik.

Menurutnya masa kampanye merupakan ruang demokrasi yang memiliki warna-warni program kinerja yang baik.
Bupati Natuna Hadiri Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Serentak Tahun 2024
Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Siswandi, S.Sos saat memeriksa barisan pasukan ketika memimpin apel siaga pengawasan tahapan kampanye serentak tahun 2024 di Pantai Piwang, Ranai, Kamis (30/11/2023) (Budi Dharma /Realitamedia.com)

“ Masa kampanye merupakan momen bagi partai politik beserta calon-calonnya untuk menunjukkan kemampuannya  menyampaikan visi, misi, dan program kerja kepada masyarakat umum,” katanya.

Sebagai lembaga pengawas pemilu, kata dia, Bawaslu memandang masa kampanye sebagai ujian nyata bagi kualitas demokrasi Indonesia. Dimana mereka harus bersama-sama memastikan bahwa kompetisi politik berlangsung dengan adil, jujur, dan tanpa rekayasa.

Ia mengharapkan agar seluruh sahabat Bawaslu harus melakukan pengawasan secara intens, beliau juga mengajak seluruh pihak untuk menaati aturan tersebut demi menjaga integritas proses demokrasi karena penting bagi kita untuk menjaga sikap sportifitas dan menghindari segala bentuk.

Selama masa kampanye, katanya, seluruh pihak harus menjaga sikap sportifitas dan menghindari segala bentuk politik identitas yang dapat merusak kerukunan sosial. 

Ia menyebut bahwa kampanye adalah panggung bagi ide dan gagasan, bukan wadah untuk konflik yang merugikan. 

Siswandi mengajak seluruh pihak untuk membangun wacana yang sehat, menekankan pada substansi permasalahan yang dihadapi masyarakat, dan menciptakan ruang bagi diskusi yang konstruktif. 

“ Selain itu, kami mengingatkan bahwa setiap pihak harus menjauhi praktek polita uang, intimidasi, dan penyebaran berita palsu yang dapat merusak proses demokrasi. Sahabat Bawaslu akan melakukan pengawasan semaksimal mungkin, dan pelanggaran-pelanggaran tersebut akan dihadapi dengan sanksi sesua ketentuan hukum yang berlaku,” katanya.

Dipenghujung sambutannya, Siswandi mengajak seluruh pihak untuk menjunjung tinggi nilai- nilai demokrasi, dan melibatkan diri secara aktif dalam perjalanan menuju pemilihan yang bermartabat. (Bu)
Editor : Herry

Posting Komentar