-->

Ads (728x90)

 

Zukri Serahkan Penghargaan Pada Saat Upacara Hut Kabupaten Pelalawan Ke-24
Bupati Pelalawan H.Zukri  ( Anton / Realitamedia.com)

By Anton

PELALAWAN, Realitamedia.com   - Pemerintah Kabupaten Pelalawan  menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-24 Kabupaten Pelalawan bertempat di  lapangan Sepak Bola, Pangkalan Kerinci, Kamis, (12/10) yang lalu.

Pelaksanaan upacara ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana biasanya dipusatkan di Halaman Kantor Bupati namun kali ini di dilaksanakan di lapangan sepak bola Pangkalan Kerinci.

Terlihat para undangan dan juga Bupati memakai baju adat melayu  Pelalawan, sehingga terlihat nuansa kedaerahannya.


Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Pelalawan H.Zukri  ,perwira upacara Kasatpol PP dan Damkar Pelalawan Tengku Junaidi, komandan upacara Kepala Bidang Informasi dan komunikasi publik Didiet Djunaidi.

Acara diawali dengan mengheningkan cipta dan pembacaan misi dan visi Kabupaten Pelalawan oleh Ketua DPRD Pelalawan Baharudin.

Tampak hadir Wakil Bupati Pelalawan H.Nasarudin, Sekda Abdul Karim, Kapolres Pelalawan, Dandim 0313 KPR, Kajari Pelalawan, Ketua Pengadilan, Kepala OPD dan pegawai dilingkungan instansi Pemkab Pelalawan dqn juga tokoh masyarakat, pemuda dan alim ulama.

Terlihat para undangan dan juga Bupati memakai baju adat melayu  Pelalawan, sehingga terlihat nuansa kedaerahannya.

Diawal sambutannya Bupati Pelalawan, H Zukri menyampaikan bahwa tema peringatan HUT Kabupaten Pelalawan  ke-24  adalah "Terus Melaju Menuju Pelalawan Yang Menawan, "Artinya bahwa usia Kabupaten  Pelalawan ke 24 ibarat beranjak usia anak remaja yang sedang dalam pertumbuhan dan perkembangan. 

"Jadi SDM menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Kabupaten Pelalawan di masa depan tanpa pertolongan Allah SWT dan niat mulia dari para pendiri takkan ada Kabupaten Pelalawan ini,"ujarnya.

Ia berharap pelaksanaan HUT Kabupaten Pelalawan ke-24 harus dijadikan sebagai refleksi kilas balik capaian kinerja agar menumbuhkan motivasi dan semangat baru dalam melanjutkan pembangunan Kabupaten Pelalawan  lebih baik kedepan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga memaparkan capaian keberhasilan pembangunan disegala bidang untuk mewujudkan masyarakat Pelalawan Sejahtera Bersama. 

"Berikut Capaian keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan,"ujarnya.

Berbagai pembangunan dilakukan seperti pembangunan infrastruktur berupa pembangunan jalan aspal diruas jalan Kabupaten sepanjang  58,20 km.

"Kondisi jalan mantap dan permukaan aspal rigid dalam kondisi baik," tuturnya.

Ditambahakannya lagi, pada tahun 2022 sebesar 43,59 persen, meningkat dari tahun 2021 yakni sebesar 42,06 persen. Sedangkan pada tahun 2023 ini diperkirakan jalan kondisi mantap akan meningkat menjadi sebesar 46,09 persen.

”Kita terus berupaya keras, selama saya menjabat sebagai kepala daerah adalah mewujudkan mimpi para pendiri Kabupaten Pelalawan," sebutnya.

Masih kata Ia lagi, untuk angka kemiskinan turun dari 9,63 persen menjadi 8,97 persen. Kemiskinan ekstrem turun dari 6651 KK atau 33.708 jiwa menjadi 455 KK atau 2.301 jiwa. 

"Pendapatan pada garis kemiskinan untuk sebesar Rp 655.641/ jiwa/ bulan dan garis kemiskinan ekstrem sebesar Rp.358.233 / jiwa/ bulan,” ucapnya.

Dilanjutkan Bupati, pertumbuhan ekonomi meningkat. Pada tahun 2020 sebesar 2,24 persen, 2021 sebesar 4,07 persen dan tahun 2022 sebesar 4,39 persen.

Untuk Tingkat pengangguran terbuka sebesar 2,73 persen dibawah tingkat pengangguran terbuka Propinsi Riau yang sebesar 4,37 persen. 

Lagi kata Zukri, Kabupaten Pelalawan juga daerah investasi tertinggi di Riau mencapai 25,4 Triliun pada tahun 2022. Ini naik dari tahun 2021 sebesar 14,3 triliun.

Sedangakn Rasio elektrifikasi Tahun 2022 sebesar 99,98 persen, meningkat dari tahun 2021 yakni sebesar 91,92 persen. 

"Kita termasuk nomor tiga tertinggi di Riau setelah Pekanbaru dan Dumai,” bebernya.

Bupati juga menyebutkan program bantuan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti bantuan kepada anak yatim piatu, janda tua,guru mengaji serta lainnya.

Tentunya disisa jabatan sebagai kepala daerah tentu masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

"Kita tentunya berhatap do’a dan dukungan masyarakat Pelalawan sehingga harapan Kita, Kabupaten Pelalawan maju dan masyarakatnya sejahtera dan maju disegala hal, akan dapat terwujud” terangnya. 

Upacara yang berlangsung lancar dan tertib berakhir dengan penyerahan piagam dan uang pembinaa diserahkan langsung Bupati Zukri,

Seusai kegiatan upacara, Zukri berkesempatan  menyerahkan piagam dan uang pembinaan kepada Dijas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) selaku Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan. Sedangkan Dinas Sosial menyerahkan bantuan kepada Pendiri/ Ahli Waris Pendiri Kabupaten Pelalawan.

Setdakab Pelalawan Bagian Ekonomi  meraih pemenang Penilaian BLUD dan DLH sebagai Pemenang Penghargaan Lingkungan Hidup.

Pemenang Fashion show juara pertama tingkat nasional PAUD Pelalawan. Untuk tingkat SD, adalah SDN 007 sebagai juara pertama seni tari  festival tingkat Nasional dan terakhir SMPN 1 Pangkalan Kerinci meraih medali emas Juara pertama Tingkat Nasional pada Ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2023 sebagai Penyaji Terbaik Tari Kreasi tingkat SMP. (Advertorial).

Posting Komentar