-->

Ads (728x90)

Terombang-Ambing di Perairan Lagoi, 6 ABK Kapal TB Pretty 9 Berhasil Diselamatkan Tim SAR Gabungan
Enam ABK Kapal TB Pretty 9 di Pos KSOP BBT Lagoi yang diselamatkan Tim SAR Gabungan di Perairan Lagoi, Bintan, Kepri, Sabtu (23/12/2023) (Deni /Realitamedia.com)

By Deni

BINTAN, Realitamedia.com – Tim SAR Gabungan berhasil menyelamatkan enam orang anak buah kapal (ABK) kapal Tugboat (TB) Pretty 9 berbendera Malaysia, yang terombang-ambing menggunakan ring buoy di Perairan Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Lanal Bintan, PLP Tanjung Uban, KKP Lagoi, Polair Polres Bintan, dan Syahbandar BBT Lagoi berhasil menemukan keenam ABK Pretty 9 dengan selamat, pada koordinat 01° 10’08.30”N - 104°13’58.61”E, di perairan Lagoi, Bintan, Kepri berjarak kurang lebih 3.48 Nm dari lokasi karamnya Kapal Pretty 9.

Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi kepada wartawan pada Sabtu (23/12/2023) mengatakan kapal TB Pretty 9 itu tenggelam akibat cuaca buruk.

Slamet menjelaskan pihaknya mengetahui kapal tersebut karam dari Com Center Basarnas Tanjung Pinang yang mendapatkan laporan dari MRCC Johor Bahru, yang menyebutkan  bahwa kapal TB.Pretty 9 dengan rute Out Port Limit (OPL) 16 -  OPL Higce, tidak dapat dihubungi, pada hari Jum'at (22/12/2023), sekira pukul 15.30 WIB.

Tak lama kemudian, lanjutnya, VTS Batam juga memberikan informasi bahwa sekitar pukul 15.00 WIB, ada  6 orang yang terombang-ambing menggunakan ring buoy di wilayah Perairan Lagoi, Bintan, Kepri.

Tim Delta yang mendapatkan laporan tersebut, langsung menghubungi potensi SAR yang berada di sekitar wilayah Lagoi, untuk melaksanakan koordinasi sekaligus melaksanakan persiapan operasi SAR.

Sebanyak 7 orang rescuer Basarnas Tanjung Pinang diterjunkan ke lokasi kejadian. Kemudian berangkat menuju ke lokasi dengan menggunakan RIB 04.

Adapun keenam ABK TB Pretty 9 yang berhasil diselamatkan diantaranya : 

1. Yulius (L) asal Batam (Juru Mudi)

2. Muh Safwan (L) asal Dusun Bambu Kuning (Chief Officer)

3. Vikram (L) asal Batam (Juru Mudi)

4. Michael (L) asal Toraja (Oiler)

5. Abd Rasid Baso (L) asal Makasar (Jurumudi)

6. Tatang Sulaeman (L) asal Bekasi (Kapten kapal)

Setelah berhasil diselamatkan keenam ABK tersebut dievakuasi ke Pos KSOP BBT Lagoi untuk dievakuasi lebih lanjut. (De)


Editor : Herry


Posting Komentar